SMPN 1 Tarik Sekolah Ramah Anak

SMPN 1 Tarik Sekolah Ramah Anak

SMPN 1 Tarik Sekolah Ramah Anak

SMPN 1 Tarik Sekolah Ramah Anak

       Sekolah sebagai agen pelaksana proses pendidikan harus memiliki budaya ramah dalam menjalankan fungsinya untuk mencapai tujuan pendidikan. Berbagai berita kekerasan di sekolah sering terjadi pada siswa akhir- akhir ini, dari tingkat sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah. Kekerasan dilakukan oleh siswa kepada siswa, siswa kepada guru, guru kepada siswa dan orang tua kepada guru. (Baca juga : Contoh Pertanyaan Yang Mengandung Soal HOTS)

       Berangkat dari berbagai permasalahan kekerasan dan konflik yang diterima peserta didik di sekolah, dan agar hal tersebut tidak terjadi di SMPN 1 Tarik, maka telah dikembangkan program sekolah ramah anak di sekolah ini . Program ini bertujuan memberikan perlindungan pada diri peserta didik sebagai anak di sekolah dengan mengutamakan hak-hak anak yang meliputi hak hidup, hak tumbuh berkembang,hak perlindungan, dan hak mendapat pendidikan. Peserta didik sebagai anak harus terlindungi menjadi manusia yang membutuhkan pendidikan secara manusiawi.

Foto Slide SMPN 1 Tarik Sekolah Ramah Anak:


Jangan lupa SUBSCRIBE di Youtube kami

  1. Pengertian Sekolah Ramah Anak

       Sekolah Ramah Anak  adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak. Sebagaimana dalam bunyi pasal 4 UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.Disebutkan di atas salah satunya adalah berpartisipasi yang dijabarkan sebagai hak untuk berpendapat dan didengarkan suaranya. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang terbuka melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan, kehidupan sosial,serta mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak. (Baca juga artikel lain pada : Hukum-Hukum Dalam Agama Islam)

Dasar :

  1. Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 20013 Pasal 1 :

       “Pemenuhan Hak Pendidikan Anak adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik pada usia anak secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.

  1. Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 pasal 4 tentang perlindungan anak:

       “Menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Disebutkan di atas salah satunya adalah berpartisipasi yang dijabarkan sebagai hak untuk berpendapat dan didengarkan suaranya.”

       Sekolah Ramah Anak adalah sekolah/madrasah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak perempuan dan anak laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus.

Ruang Lingkup Sekolah Ramah Anak

       Dalam usaha mewujudkan Sekolah Ramah Anak perlu didukung oleh berbagai pihak antara lain keluarga dan masyarakat yang sebenarnya merupakan pusat pendidikan terdekat anak. Lingkungan yang mendukung, melindungi memberi rasa aman dan nyaman bagi anak akan sangat membantu proses mencari jati diri. Kebiasaan anak memiliki kecenderungan meniru, mencoba dan mencari pengakuan akan eksistensinya pada lingkungan tempat mereka tinggal. Berikut adalah peran aktif berbagai unsur pendukung terciptanya Sekolah Ramah Anak. (Baca juga artikel lain pada : Maaf Karena Obsesi Bukan Cinta)

Ruang Lingkup Sekolah Ramah Anak meliputi

  1. Keluarga
  • Sebagai pusat pendidikan utama dan pertama bagi anak.
  • Sebagai fungsi proteksi ekonomi, sekaligus memberi ruang berekpresi dan berkreasi.
  1. Sekolah
  • melayani kebutuhan anak didik khususnya yang termargin dalam pendidikan
  • peduli keadaan anak sebelum dan sesudah belajar
  • peduli kesehatan, gizi, dan membantu belajar hidup sehat.
  • menghargai hak-hak anak dan kesetaraan gender.
  • sebagai motivator, fasilitator sekaligus sahabat bagi anak.
  1. Masyarakat
  • Sebagai komunitas dan tempat pendidikan setelah keluarga
  • Menjalin kerjasama dengan sekolah. sebagai penerima output sekolah.

       Sekolah adalah institusi yang memiliki mandat untuk menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran secara sistematis dan berkesinambungan. Para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah diharapkan menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik berperilaku terpelajar. Perilaku terpelajar ditampilkan dalam bentuk pencapaian prestasi akademik, menunjukkan perilaku yang  beretika dan berakhlak mulia, memiliki motivasi belajar yang tinggi.

       Itulah postingan tentang SMPN 1 Tarik Sekolah Ramah Anak yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang SMPN 1 Tarik Sekolah Ramah Anak diatas dapat mengilhami kita sehingga dapat menerapkan Sekolah Ramah Anak di lingkungan sekolah kita. (Baca juga artikel lain pada : Soal PAS Fisika Kelas 11 Semester 1)

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *