Siapa Sebenarnya Aku

Siapa Sebenarnya Aku

Siapa Sebenarnya Aku

      Aku merenung dalam keadaan diam ketika ada pertanyaan yang sederhana namun ternyata sangat sulit untuk menjawabnya. Pertanyaan yang sebenarnya sangat mudah namun aku tidak sanggup untuk menjawabnya. Ya …… aku sendiri akhirnya menjadi bingung untuk menjawab pertanyaan Siapa Sebenarnya Aku. (baca juga : Kisah Pohon Bambu)

Inilah pertanyaantentang Siapa Sebenarnya Aku:

Dia: Siapa kamu?

Aku; Aku Nurdiono.

Dia: Aku tidak bertanya siapa namamu, aku bertanya siapa kamu?

Aku: Aku seorang guru.

Dia: Aku tidak bertanya apa profesimu, yang aku tanyakan adalah siapa kamu?

Aku: Aku seorang laki-laki, aku orang Sidoarjo, Jawa Timur.

Dia: Aku tidak menanyakan jenis kelaminmu, asalmu, statusmu, pendidikanmu, usiamu, hobbymu. Aku hanya bertanya siapa kamu. Sesulit itukah menjawab pertanyaanku?

Aku: (aku tertunduk terdiam sejenak sambil berpikir, lalu aku menjawab) Aku tidak tahu……

      Lalu aku merenung bahwa apakah sesimpel itukah pemahaman tentang aku? Tidak! Banyak orang tidak memahami siapa dirinya, seperti aku ini. Mereka membiarkan kostum identitas nama, pekerjaan, pendidikan, latar belakang sosial yang membungkus jati dirinya. Memang benar bahwa semua itu adalah bagian yang tak terpisahkan dari hidup manusia.

      Barangkali sekelumit dialog diatas merupakan hal umum yang terjadi. Ketika ada orang yang bertanya kepadaku siapa aku, aku menjawabnya dengan menyebut namaku, profesiku, latar belakang sosialku, tapi siapa sesungguhnya aku? Kupikir aku membutuhkan waktu untuk memikirkan ulang jawaban yang akan kuberikan. Masih terus dan akan terus aku cari jawabannya.

      Pencarian di sini bukan berarti aku belum menemukannya, tidak sama sekali. Aku sudah menjalaninya. Tapi jalan yang kulalui penuh percabangan dan tiap kali bertemu dengan percabangan aku harus memilih. Pilihan-pilihan itulah yang akan membentukku, menunjukkan kepadaku dan kepada orang lain, siapa aku sebenarnya.

      Itulah pertanyaan tentang Siapa Sebenarnya Aku yang terus membuatku kesulitan untuk menjawab sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Saat ini aku hanya dapat mengatakan “AKU ADALAH AKU”. Semoga postingan tentang Siapa Sebenarnya Aku dapat bermanfaat menjadi renungan juga bagi anda para pembaca yang tercinta. (Kunjungi web kami yang lain : Langkah Pasti Menatap Dunia)

1 thought on “Siapa Sebenarnya Aku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *