Semarak Peringatan Hari Sumpah Pemuda SMPN 1 Tarik

Semarak Peringatan Hari Sumpah Pemuda SMPN 1 Tarik

Semarak Peringatan Hari Sumpah Pemuda SMPN 1 Tarik

Semarak Peringatan Hari Sumpah Pemuda SMPN 1 Tarik

       Peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan tonggak kesadaran untuk bersatu dalam Tanah Air, Bangsa dan Bahasa. Tak hanya itu, Hari Sumpah Pemuda juga menjadi awal perjuangan untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Setiap 28 Oktober, Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda . Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tahun ini bertema ” Bangun Pemuda Satukan Bangsa”. (Baca juga : Susunan Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024)

       SMP Negeri 1 Tarik dalam peringatan kali ini selain melakukan kegiatan upacara bendera seperti tahun – tahun sebelumnya, juga menampilkan barisan Bhineka Tunggal Ika yang berada diatas panggung panjang. Yang menarik adalah pada hari itu seluruh siswa – siswi dan jajaran guru beserta staf karyawan lainnya juga berbusana daerah. Tentu hal ini sangat membanggakan bagi kita semua. Bukan saja melatih rasa persatuan dan kesatuan diantara kita, namun dibalik peristiwa tersebut diharapkan seluruh siswa mampu menyatukan bahasa persatuan dan kesatuan sesuai isi sumpah pemuda yang didengungkan sejak 91 tahun yang lalu itu.

Foto kolase acara kegiatan upacara dan acara lainnya dapat dilihat pada video dibawah ini:

Jangan Lupa Subscribe Youtube

       Setelah pelaksanaan kegiatan upacara Bendera, acara peringatan Sumpah Pemuda dilanjutkan dengan berbagai lomba yang bertema kebhinekaan. Adapun jenis – jenis lomba yang dipergelarkankan antara lain; Lomba cipta puisi dan diperagakan didepan dewan juri, Lomba menulis pantun dan diperagakan didepan dewan juri dalam bentuk pantun berbalas, Lomba menulis cerpen (cerita pendek), Lomba menulis karya esai, dan Lomba pergaan Busana Daerah. (Baca juga artikel lain pada : Pengertian dan Contoh Majas Ironi)

        Dari hasil penjurian yang dilakukan oleh dewan juri yang kompeten, maka berhasil meraih juara adalah sebagai berikut:

Juara Lomba Cipta Puisi :

Ke 1 Almira Berliana

Ke 2 Sesylia Putri

Ke 3 Eriesta Gayuh

Juara lomba menulis pantun:

Juara I   : Adinda dwi k kls 9A

Juara II  : Rosyid irwansyah kelas 8D

Juara III   : Devita kelas 9B

Juara lomba menulis karya Esai:

Juara 1: Amelia kls 9E

Juara 2: Muhammad Cahyono kls 8A

Juara 3: Wike Auliya kls 8C

Juara lomba peragaan busana daerah:

Juara 1 : no penampilan 23

Juara 2 : no penampilan 17

Juara 3 : no penampilan 13

       Dan yang lebih meriah lagi adalah dengan dipilihnya guru/staf karyawan dengan berbusan daerah paling serasi yang penjuriannya dilakukan oleh para siswa – siswi. Adapaun guru/staf karyawan yang berbusana daerah paling serasi atas pilihan siswa – siswi antara lain:

Guru/Karyawan berbusana serasi:

Juara 1: Drs. H. Sulaiman

Juara 2: Rina Mardiana For a

Juara 3: H. Ngadiono, S.Pd

(Baca juga artikel lain pada : Mengungkit Kenangan Terpendam)

       Kemeriahan acara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang sangat membanggakan ini membuat kami sangat menikmatinya sehingga kamipun sempat melakukan senam Bersama dengan para siswa – siswi pada pukul 10.00 sehingga hal ini juga sebagai implementasi sekolah kami sebagai sekolah ramah anak.

       Itulah postingan tentang Semarak Peringatan Hari Sumpah Pemuda SMPN 1 Tarik yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Semarak Peringatan Hari Sumpah Pemuda SMPN 1 Tarik diatas dapat digunakan sebagai pendorong untuk lebih baik lagi dalam berbagai hal. (Baca juga artikel lain pada : Soal PAS Sejarah Kelas 11 Semester 1)

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *