Psikolog dan Air dalam Gelas

Psikolog dan Air dalam Gelas

Psikolog dan Air dalam Gelas

      Pada suatu haro seorang psikolog sedang memberikan pengarahan kepada audiens tentang bagaimana cara mengatur stress. Dia menjelaskan sambil berjalan mondar mandir di ruang tersebut dan kemudian dia menghampiri meja dan masih dalam keadaan berdiri dia mengambil segelas air. Para peserta pengarahan mulai beranggapan bahwa mereka akan di tanya mengenai filosofi gelas setegah kosong atau setengah penuh, tapi ternyata pertanyaan yang di ajukan oleh psikolog itu justru lain. (Lihat juga : Perjalanan Burung Merpati)

      Dengan senyum yang mengembang di bibirnya, Ia bertanya ke para peserta, “Brapakah berat dari gelas yang berisi air ini?”

      Banyak sekali yang menjawab, ada menjawab 8 oz, 15 oz sampai 20 oz atau lainnya.

      Psikolog itu kemudian melanjutkan, “Para hadirin. berapapun berat pasti dari gelas ini tidak akan jadi masalah. Tapi masalah sebanarnya adalah berapa lama saya akan memegangnya atau mengangkatnya. Jika saya memegang atau mengangkatnya selama satu menit, tentu tidak akan berpengaruh. Jika saya mengangkatnya selama satu jam, maka tangan saya akan terasa pegal. Jika saya mengangkatnya selama satu hari penuh, maka tangan saya akan mati rasa dan lumpuh. Kenapa bisa demikian, padahal dalam kasus ini, Berat dari gelas yang berisi air tidak pernah berubah. Nah para hadirin sekalian, saya bisa simpulkan bahwa berat dari gelas yang berisi air ini bukanlah letak permasalahannya, tapi berapa lama saya akan memegang dan mengangkat gelas ini, adalah permasalahan sebenarnya.”

      Diapun kemudian melanjutkan, “Stress dan kehawatiran yang kita alami dalam hidup ini ibarat gelas yang berisi air. Bukan stress atau kekhawatiran itu yang jadi masalah, tetapi bagaimana cara anda menanggapi stress tersebut. Jika Anda menanggapi atau memikirkan-nya dalam sekejap waktu, maka stress itu tidak akan berpengaruh terhadap jiwa anda. Jika anda menanggapi hal hal yang membuat anda stress dan khawatir selama satu jam, maka akan terasa mulai menyakitkan. Apalagi jika anda menanggapi hal hal yang membuat anda stress dan khawatir selama satu hari penuh, maka anda akan merasa Lumpuh, meskipun sejatinya anda masih bisa menlakukan sesuatu.

      Itulah pentingnya kenapa anda harus melepaskan semua stress anda secepat mungkin di pagi hari, Jangan sekali-kali anda membawanya sampai sore apalagi malam. Jika anda melakukan secepatnya, maka yakin dan percayalah bahwa beban anda pun akan segera lepas.

      “Jangan anda terus menerus memegangi gelas, Ingatlah untuk segera meletakkan-nya!!”

      Para peserta merasa tersentuh tentang penjelasan dari psikolog tersebut.

      Itulah postingan kami tentang Psikolog dan Air dalam Gelas yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Psikolog dan Air dalam Gelas diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk mengambil makna yang terkandung didalamnya. (Baca juga artikel lain pada : Generasi Muda Jangan Terlena)

1 thought on “Psikolog dan Air dalam Gelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *