Common

Merubah Diri untuk Mengubah Dunia

Merubah Diri untuk Mengubah Dunia

Merubah Diri untuk Mengubah Dunia

 Dulu sewaktu aku masih muda, Aku punya keinginan untuk mengubah dunia. Tapi ternyata itu tidak semudah yang kupikirkan dan tidak semudah yang aku bayangkan. Begitu kokoh tembok – tembok yang merintangi langkahku sehingga aku sangat tidak mungkin dapat melakukannya. (baca juga : Nasehat Ulama yang Bijaksana)

 Maka dari itu aku berpikir untuk mengubah negaraku saja. Namun ternyata dalam hal ini akupun merasa kuwalahan dan akupun merasa tidak sanggup mengubah negaraku ini.

 Keinginan itupun aku coba lebih fokus terhadap daerahku saja. Seiring berjalannya waktu yang terus berlalu dan akupun beranjak dewasa, menjadikanku sadar kalau ternyata aku tak bisa mengubah daerahku,

 Aku lantas berpikir, mungkin lebih baik aku memulainya dari mengubah keluargaku saja. Mulai dari istri dan anakku beserta saudara – saudaraku dan anggota keluarga yang lain. Namun ternyata, hal itupun masih sangat berat bagiku untuk merubah walau hanya sekedar keluargaku saja.

 Sekarang sebagai orang yang sudah menjelang tua, aku baru menyadari bahwa satu satunya yang bisa ku rubah hanyalah diriku sendiri. Merubah diriku kea rah yang lebih baik, arah yang diridloi oleh Allah.

 Seandainya saja aku sudah melakukannya di masa mudaku, pasti aku bisa memberi dampak positif dari perubahan itu kedalam keluargaku. Lantas keluargaku akan membawa perubahan itu kedalam daerahku, dan dari daerahku itu akan berdampak ke negaraku, dan perubahan yang terjadi pada negaraku akan membawa pengaruh positif itu ke dunia. Sehingga berubahlah dunia ini. Ya, dari merubah diri sendiri tentu Insya Allah akan bisa mengubah dunia.

 Itulah postingan kami tentang Merubah Diri untuk Mengubah Dunia yang dapat kami bagikan pada kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Merubah Diri untuk Mengubah Dunia diatas dapat bermanfaat bagi kita, terutama bagi saya sendiri untuk dapat Merubah Diri saya sendiri sehingga perubahan diri sendiri akan berdampak untuk Mengubah Dunia. (baca juga artikel lain pada : Ucapan Syukur Kepada Yang Maha Kasih)

Wallahu a’lam bish-shawab

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *