Maulid Diba Pondok Pesantren Sunan Kalijogo

Maulid Diba Pondok Pesantren Sunan Kalijogo

Maulid Diba Pondok Pesantren Sunan Kalijogo

Maulid Diba Pondok Pesantren Sunan Kalijogo

       Masyarakat Indonesia sudah akrab dengan tradisi pembacaan maulid nabi. Salah satu kitab maulid yang cukup sering dibaca adalah maulid Diba’. Biasanya tradisi pembacaan kitab maulid diba’ diistilahkan dengan dibaan. (baca juga : Koleksi Lagu Remaja Sedang Jatuh Cinta)

       Kitab maulid diba’ oleh mayoritas ulama’ diyakini sebagai karya seorang ulama besar dan merupakan ahli hadis (muhaddis), yaitu Imam Wajihuddin ‘Abdur Rahman bin ‘Ali bin Muhammad bin ‘Umar bin ‘Ali bin Yusuf bin Ahmad bin ‘Umar ad-Diba`i asy-Syaibani al-Yamani az-Zabidiy asy-Syafi`iy. Imam ad-Diba`iy dilahirkan pada hari kamis tanggal 4 Muharram tahun 866 H/1461 M di rumah orang tuanya di kota Zabid. Di akhir tahun kelahirang beliau, sang ayah pergi meninggalkan kota Zabid. Dan ad-Diba’i belum pernah melihat bagaimana rupa sang ayah.

       Ibn Diba` termasuk ulama yang produktif dalam menulis. Hal ini terbukti beliau mempunyai banyak karangan baik dibidang hadis ataupun sejarah. Karyanya yang paling dikenal adalah syair-syair sanjungan (madah) atas Nabi Muhammad SAW. yang terkenal dengan sebutan Maulid Diba`i, (baca juga artikela lain pada : Ceramah Hj Li’izzah Diana Manzil tentang Hikmah Haul)

       Sedangkan diantara buah karyanya yang lain yaitu: Qurratul `Uyun yang membahas tentang seputar Yaman, kitab Mi`raj, Taisirul Ushul, Bughyatul Mustafid, Mishbah al-Misykat, Tamyiz at-Thib min al-Khabis, dan beberapa bait syair.

       Pondok Pesantren Sunan Kalogogo dalam rangka Malam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Jam’ul Jamawi Desa Kedinding mengadakan berbagai kegiatan yang salah satu acara tersebut adalah pembacaan Maulid Diba’ yang sibacakan dan dialunkan dengan suara indah dari goupAl-Hidayah. (baca juga artikela lain pada : Cahaya Illahi di ufuk timur)

Video Maulid Diba’ Pondok Pesantren Sunan Kalijogo adalah sebagai berikut:

Jangan lupa di share dan Subscribe Youtube kami

       Begitu syahdunya pembacaan Maulid Dida’ membuat para jama’ah yang hadir ikut terbawa besama dalam kekhusukan dan keindahan syair-syair dalam Maulid Diba’.

       Itulah postingan tentang Maulid Diba’ oleh group Al-Hidayah yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan Maulid Diba’  diatas dapat menambah ilmu, keimanan dan ketaqwaan dan menambah kecintaankita kepada Rasulullah. (baca juga artikela lain pada : Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1)

Lihat juga artikel lain dalam video

[metaslider id=5207]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *