"> Karakteristik Soal HOTS – Higher Order Thinking Skills - Meaningful Life
Video Kreasi Pembelajaran

Karakteristik Soal HOTS – Higher Order Thinking Skills

Karakteristik Soal HOTS – Higher Order Thinking Skills

Karakteristik Soal HOTS – Higher Order Thinking Skills

Karakteristik Soal HOTS – Higher Order Thinking Skills

       Setelah pada postingan terdahulu kami telah membahas tentang Pengertian Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) menurut para ahli, kini marilah kita lanjutkan pembahasan kita tentang soal HOTS, dan dalam postingan kali ini yang akan kita bahas adalah tentang Karakteristik Soal HOTS. (Baca juga : Pengertian Soal HOTS – Higher Order Thinking Skill)

       Sebagaimana telah dijelaskan pada postingan terdahulu bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi/ Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah kemampuan berpikir yang bukan hanya sekedar mengingat, menyatakan kembali, dan juga merujuk tanpa melakukan pengolahan, akan tetapi kemampuan berpikir untuk menelaah informasi secara kritis, kreatif, berkreasi dan mampu memecahkan masalah: maka agar dapat memberikan soal yang mendorong peserta didik agar memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi/ Higher Order Thinking Skills (HOTS), perlu kiranya diketahui tentang Karakteristik Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills).

       Banyak yang beranggapan bahwa soal sulit adalah soal HOTS, padahal hal tersebut kurang tepat, karena Soal HOTS adalah soal yang harus memenuhi beberapa karakteristik, antara lain:

  1. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi

       The Australian Council for Educational Research (ACER) menyatakan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan proses: menganalisis, merefleksi, memberikan argument (alasan), menerapkan konsep pada situasi berbeda, menyusun, menciptakan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi bukanlah kemampuan untuk mengingat, mengetahui, atau mengulang.Dengan demikian, jawaban soal-soal HOTS tidak tersurat secara eksplisit dalam stimulus. (Baca juga artikel lain pada : PAS Bahasa Inggris Kelas 8 Semester Genap Paket 2)

       Kemampuan berpikir tingkat tinggi termasuk kemampuan untuk memecahkan masalah (problem solving), keterampilan berpikir kritis (critical thinking), berpikir kreatif (creative thinking), kemampuan berargumen (reasoning), dan kemampuan mengambil keputusan (decision making).Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu kompetensi penting dalam dunia modern, sehingga wajib dimiliki oleh setiap peserta didik.

       Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat dilatih dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu agar peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, maka proses pembelajarannya juga memberikan ruang kepada peserta didik untuk menemukan konsep pengetahuan berbasis aktivitas. Aktivitas dalam pembelajaran dapat mendorong peserta didik untuk membangun kreativitas dan berpikir kritis.

  1. Berbasis permasalahan kontekstual

       Soal-soal HOTS merupakan asesmen yang berbasis situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari, dimana peserta didik diharapkan dapat menerapkan konsep-konsep pembelajaran di kelas untuk menyelesaikan masalah.Permasalahan kontekstual yang dihadapi oleh masyarakat dunia saat ini terkait dengan lingkungan hidup, kesehatan, kebumian dan ruang angkasa, serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan.Dalam pengertian tersebut termasuk pula bagaimana keterampilan peserta didik untuk menghubungkan (relate), menginterpretasikan (interprete), menerapkan (apply)dan mengintegrasikan(integrate) ilmu pengetahuan dalam pembelajaran di kelas untuk menyelesaikan permasalahan dalam konteks nyata. (Baca juga artikel lain pada : PAS Ganjil Bahasa Inggris Kelas 9 Paket A)

  1. Menggunakan bentuk soal beragam

       Bentuk-bentuk soal yang beragam dalam sebuah perangkat tes (soal-soal HOTS) sebagaimana yang digunakan dalam PISA, bertujuan agar dapat memberikan informasi yang lebih rinci dan menyeluruh tentang kemampuan peserta tes. Hal ini penting diperhatikan oleh guru agar penilaian yang dilakukan dapat menjamin prinsip objektif.Artinya hasil penilaian yang dilakukan oleh guru dapat menggambarkan kemampuan peserta didik sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Penilaian yang dilakukan secara objektif, dapat menjamin akuntabilitas penilaian.

       Itulah postingan tentang Karakteristik Soal HOTS – Higher Order Thinking Skills (Kemampuan berpikir tingkat tinggi) yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Karakteristik Soal HOTS – Higher Order Thinking Skills (Kemampuan berpikir tingkat tinggi) diatas dapat menambah wawasan kita tentang pembuatan soal yang HOTS (Higher Order of Thinking Skills). (Baca juga artikel lain pada : Soal PTS Seni Budaya Kelas 8 Semester 1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *