Idul Fitri Identik Belanja

Idul Fitri Identik Belanja

Idul Fitri Identik Belanja

      Judul diatas kami gunakan karena begitu pengaruhnya Idul fitri terhadap keuangan kita. Padahal hakikat Idul fitri sebenarnya adalah rasa syukur kita karena telah dimampukan oleh Allah dalam menjalankan rangkaian ibadah di bulan Ramadhan yang penuh barokah ini. (baca juga : Air Nabeez Minuman Kesehatan Rasulullah)

      Namun faktanya bukan implementasi terhadap pelajaran dari rangkian ibadah bulan Ramadhan, melainkan seolah menjadi kewajiban bagi kita untuk membelanjakan keuangan kita yang jauh lebih banyak dari bulan-bulan lainnya. Sehingga sampai pemerintah lebih suka mengeluarkan kebijakan memberikan gaji 14 dari pada kenaikan gaji bulanan.

      Marilah kita lihat betapa merosotnya jamaah sholat Isya’ dan tarawih ketika Ramadhan akan berakhir. Sebaliknya, pasar atau mall penuh dengan jamaah yang berbelanja.

      Berkunjung ke pasar mana saja menjelang hari raya; baik pasar tradisional maupun ke swalayan-swalayan modern, plaza ataupun mall, akan ditemui pemandangan yang berbeda dari biasa. Ada peningkatan jumlah pengunjung/ pembeli, orang rela berdesakkan demi mendapatkan bahan belanjaan tertentu.

      Lazim diketahui bila konsumsi masyarakat kita melejit pada hari-hari sebelum lebaran. Lalu apa yang dapat kita tarik dari situ, apakah memang bahwa lebaran senantiasa dekat dengan belanja pakaian baru dan melengkapi koleksi kue-kue yang akan disuguhkan pada sanak kerabat di hari raya nanti?

      Kiranya yang mendesak diperbaharui ulang adalah semangat kebatinan kita untuk terus memberi arti pada esensi ber-hari raya, pada cara kita membelanjakan kekuatan jiwa kita pada nilai-nilai ketulusan; tulus beribadah dan tulus berhubungan dengan manusia sesama; ini terasa kian penting mengingat pola interaksi manusia kini, baik dengan ‘panggilan’ spirit Ilahiah yang terus menggedor nurani maupun dengan cara kita bermasyarakat, terkesan mengarah pada “disequilibrium”, semakin menuju titik kritis yang memiriskan.

      Walhasil semoga saja, setelah ditempa Ramadhan tahun ini, akan membuat kita semua semakin tercerahkan. Semakin kita memahami makna Idul Fitri yang sebenarnya.

Aamiin……

      Itulah postingan kami tentang Idul Fitri Identik Belanja yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga posting kami tentang Idul Fitri Identik Belanja diatas dapat menginspirasi kita untuk bisa mengambil makna dari Idul Fitri. (kunjungi juga : Memandang Yang Mendapatkan Pahala)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *