Ceramah Kocak Gaya Gus Muwafiq Jago Merayu

Ceramah Kocak Gaya Gus Muwafiq Jago Merayu

Ceramah Kocak Gaya Gus Muwafiq Jago Merayu

Ceramah Kocak Gaya Gus Muwafiq Jago Merayu

       KH. Ahmad Muwafiq atau yang lebih dikenal dengan nama Gus Wafiq atau Gus Muwafiq merupakan tokoh atau kyai yang sangat terkenal tidak hanya di tempat tinggal beliau di Sleman Yogyakarta, tetapi terkenal di seluruh daerah di Indonesia Beliau begitu sangat terkenal karena berbagai factor, antara lain: (Baca juga : Maulid Diba Pondok Pesantren Sunan Kalijogo)

       Pertama, santri yang mumpuni. Gus Muwaffiq merupakan santri yang sudah lama mengenyam pendidikan pesantren – sebuah lembaga pendidikan tertua di Indonesia – sehingga pemahaman keagamaan beliau mumpuni dan khas. Khasnya adalah pemahaman Islam yang dianut mayoritas muslim Indonesia. Muslim Indonesia merupakan muslim yang menganut madzhab empat, khususnya Imam Syafi’i yang lebih dominan. Selain itu, Islam jebolan pesantren terbukti mampu “kawin” dengan tradisi dan budaya Nusantara. Jadi, soal khasanah Islam dalam al-Quran, hadits maupun kitab-kitab klasik, beliau mumpuni.

       Kedua, humoris. Jangan heran kalau anda berlama-lama menyimak pengajian beliau (entah online maupun offline), tak bosan karena pembawaannya yang kocak dan penuh dengan humor. Humor memang menjadi penting dalam suatu ceramah karena membuat jamaah tidak ngantuk, tidak jenuh dan menjadikan otak kembali fresh. (Baca juga artikel lain pada : Istighosah-Tahlil dan Doa Bersama KH Marzuki Mustamar)

Salah satu cuplikan ceramahnya yang kocak dapat anda lihat dalam video dibawah ini:

Jangan lupa Share dan Subscribe YouTube kami

       Ketiga, paham sejarah dan hafal. Gus Muwafiq merupakan sosok yang sadar dan paham sejarah. Mengapa sejarah penting? Karena dengan berpijak pada sejarah itulah kita umat Islam membangun masa depan. Dan beliau, paham sejarah baik dari teori penciptaan alam semesta, jaman nabi-nabi, sejarah Islam pasca Nabi Muhammad Saw., geo-ekopol Internasional, sampai sejarah Nusantara. Oh ya, hafalan beliau juga sangat kuat. Tidak hanya mengerti tetapi memahami. Berbagai silsilah keilmuan, tokoh maupun dinasti beliau hafal di luar kepala. Ini memudahkan kamu dalam mencerna pola-pola dalam belajar agama.

       Keempat, Mantan aktivis. Sebelum keliling dakwah seperti sekarang, beliau telah mumpuni menjadi aktivis kampus. Gus Muwafiq aktif di lingkaran PMII dan Mahasiswa NU. Pengembaran Intelektual dan “Jalanan”-nya beliau tempuh dari kota pelajar: di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sampai ke Mancanegara karena pernah menjadi Sekretaris Jenderal Mahasiswa Islam se-Asia Tenggara. Salah satu keunggulan aktivis muslim adalah tahu konsep (dan wacana Islam kontemporer), tahu medan, tahu peta politik, dan bergelut dengan realitas. Wajar kalau beliau – selain keliling Indonesia – juga sering diundang ceramah ke luar negari. (Baca juga artikel lain pada : Kumpulan Lagu Menggugah Jiwa untuk Ayah)

       Kelima, mudah dicerna. Bahasa yang beliau gunakan adalah bahasa para audiens-nya. Jika di kampus dengan para mahasiswa atau akademisi, beliau bisa dengan bahasa ilmiah. Jika dengan masyarakat awam, beliau bisa cerita dengan nalar, tradisi dan psikologi umum masyarakat. Jika dengan para pemuda, beliau juga bisa santai dan tahu apa yang hits dan menjadi tantangan generasi muda hari ini. Meski demikian, dalam penggunaan bahasa Indonesia kadang beliau ada beberapa hal yang kurang (menurut saya). Dan ini pernah diakui beliau. Secara, beliau mengaku menggunakan bahasa Indonesia baru semenjak kuliah. Sebelum itu menggunakan bahasa Jawa, khususnya Jawa Timuran..

       Itulah postingan cuplikan video Ceramah Kocak Gaya Gus Muwafiq Jago Merayu yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga kita dapat memperoleh ilmu dan amal dari cuplikan video diatas. (Baca juga artikel lain pada : Soal PAS Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 1)

Lihat juga artikel lain dalam Video

[metaslider id=5207]

3 thoughts to “Ceramah Kocak Gaya Gus Muwafiq Jago Merayu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *