Cara belajar efektif

Cara belajar efektif

Cara belajar efektif

Cara belajar efektif

      Banyak dari siswa di sekolah kita yang cara belajarnya tidak teratur. Kadang dalam satu minggu tadak pernah bernah belajar, namun minggu berikutnya ketika aka nada ulangan atau ujian, mereka semalaman belajar demi untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Padahal cara belajar seperti itu sangat tidak efektif.

      Nah agar belajar kita lebih efektif dan supaya target belajar untuk mencapai hasil yang sesuai dengan yang diinginkan, maka berikut ini kami sampaikan beberapa trik dan tips tentang cara belajar efektif, agar dapat kita atau teman kita ataupun peserta didik dapat menjalankannya. Ini hanya masukan dari kami tentang cara belajar yang efektif, sedangkan keputusan untuk memanajemen cara belajar sepenuhnya tergantung pada anda sendiri.  (Baca juga : Cara Mendidik Anak Agar Berprestasi)

Inilah tips Cara belajar efektif

  1. Malam atau pagi hari sebelum hari sekolah, baca ulang kembali pelajaran yang telah didapat sebelumnya. Setelah itu baca singkat dua atau tiga halaman materi berikutnya, buat kerangkanya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, Anda sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum Anda tahu. Jadi begitu pulang sekolah, tinggal mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.
  2. Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru atau pembimbing. Materi yang Anda dengar bakal mudah dipanggil lagi begitu Anda membaca ulang pelajaran tersebut.
  3. Jika anda punya komputer, silahkan ketik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja didapat dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memori otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo membacanya kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik. (Baca juga artikel lain pada : Ciri-ciri dan Aspek Globalisasi)
  4. Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kalimat sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.
  5. Gunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.
  6. Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuat anda selalu ingat akan materi tersebut. Bagusnya lagi, Anda menjadi lebih paham akan materi tersebut.
  7. Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling tidak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Caranya: selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.
  8. Kalau badan capek, akan susah untuk konsentrasinya. Maka hentikan dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari atau dua hari menjelang ulangan umum. (Baca juga artikel lain pada : Soal tentang Iman Kepada Kitab Allah)
  9. Belajar sambil mendengarkan musik memang asyik. Namu pilihlah musik yang tenang tapi menggugah. Musik klasik seperti Beethoven atau Mozart bisa dicoba, juga lagu-lagu religi. Musik tipe ini cocok banget buat menemani kita selama mengerjakan tugas yang jawabannya sudah pasti, seperti matematika, ilmu alam atau bahasa asing. Dijamin stamina belajar kita akan selalu berisi dan penuh semangat.

      Itulah beberapa tips dan trik tentang Cara belajar efektif yang dapat kami share pada kesempatan kali ini. Namu semuanya kembali kepada anda. Yang terpenting adalah utamakan prioritas Anda. Karena biasanya kita menilai diri sendiri dari apa yang dirasakan, sedang orang lain hanya melihat dari apa yang telah kita hasilkan. Sementara apa yang bisa kita hasilkan hanya kita sendiri yang tahu. Jadi, buat target yang Anda percaya mampu meraihnya bukan apa yang dipikirkan orang lain. Begitu juga dengan cara belajar efektif, pilih cara terbaik dan yang paling pas dengan kondisi Anda. (Baca juga artikel lain pada : Terkesan Namun Menyakitkan)

Semoga anda sukses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *