Belajar dari Pengalaman Pahit atau Manis

Belajar dari Pengalaman Pahit atau Manis

Belajar dari Pengalaman Pahit atau Manis

      Apapun yang pernah kita alami dan apapun yang pernah kita lakukan akan menjadikan hal tersebut sebagai pelajaran bagi kita untuk melangkah ke depan yang lebih baik. Ya …. Kita dapat atau bahkan harus Belajar dari Pengalaman Pahit atau Manis. (Baca juga : Psikolog dan Air dalam Gelas)

      Pengalaman adalah berasal dari apa yang pernah kita alami, entah itu baik ataupun buruk. pengalaman memberikan manusia pelajaran tentang bagai mana hidup itu, termasuk kita. Pahit ataupun manis yang kita pernah alami akan menjadi inspirasi yang memberikan kita wawasan kedepan untuk melangkah lebih maju dan lebih baik.

      Belajar dari Pengalaman Pahit atau Manis memang memberikan banyak ilmu untuk memotivasi diri, menyemangati pribadi untuk menatap masa depan yang di impikan, masa depan yang dicita – citakan.

      Ketika kita memikirkan dan mengingat pengalaman pahit kita yang tidak luput dari kata “Negative” akan memberikan motivasi dan intropeksi diri kita sendiri bagaimana caranya agar kita tidak akan lagi berkelakuan negative dan menuju ke hal yang positive dimana semua akan mengubah diri kita menjadi manusia yang lebih baik lagi dari hari kemarin atau masa lalu.

      Sangat banyak yang bisa kita petik dari sebuah pengalaman kecil yang kita alami sehingga kita dapat menyaring dan akan kita ambil bagian yang bagusnya saja dan membuang sisi buruknya. Diibaratkan seperti saat kita membuat minuman teh, daun – daun teh yang kering akan di siram air panas dan di saring sehingga daun teh yang kering tersebut terpisah dari air teh yang menjadi jernih. Itulah hikmah dari contoh dalam pembuatan minuman teh. (Baca juga artikel lain pada : Terserah Pada pemilik Hati

      Begitu pula dalam hidup kita, segala kejadian atau peristiwa yang pernah kita alami atau lakukan, maka ambil pelajaran darinya, kita ambil yang bagus dan buang yang tidak bagus, sehingga dari hal baik dan buruk yang bercampur tersebut, kita bisa memisahkan dan membedakannya dan kita ambil inti sarinya yaitu sebuah makna yang baik atau positive yang membuat diri kita termotivasi dan terinspirasi dari sebuah pengalaman tersebut yang menjadikan kita lebih baik dari hari kemarin atau yang lalu.

      Kita pasti pernah mengalami pengalaman manis yang pastinya memberikan rasa nyaman di hati dan fikiran kita, kita juga pasti mengalami pengalaman pahit yang pastinya memberikan rasa gelisah dan sedih di hati dan fikiran kita. Maka hal tersebut dapat menjadi pelajaran bagi kita.

      Namun seringkali orang yang mendapatkan kesenangan lupa dengan kesusahannya atau dampak yang di buatnya dari bersenang – senang tersebut.

      Terkadang jika manusia (termasuk kita) yang tidak bisa mengontrol diri dan akan larut ke rasa manis yang di dapatnya dan tidak memikirkan di sekelilingnya, dan berujung menjadi pengalaman manis yang berdampak buruk untuk yang lain walaupun keburuknnya sedikit dan kecil.

      Perlu diketahui dari setiap apa yang kita alami bisa kita ambil hikmah yang bisa kita pakai atau di ingatkan kepada orang lain, sekecil apapun pengalaman kita akan berguna jika kita mengerti makna dan mengambil sari positivnya. “Jangan Remehkan Hal Sekecil Apapun, Karna hal kecil Jika Diremehkan Dan Di Abaikan Akan Jadi Penghambat Menuju Hal Yang Besar”.

      Itulah postingan kami tentang Belajar dari Pengalaman Pahit atau Manis yang dapat kami bagikan. Akhirnya marilah kita selalu Belajar dari Pengalaman Pahit atau Manis. Insya Allah pasti banyak hikmah terkandung didalamnya. (Baca juga artikel lain pada : Termotivasi oleh Pahlawan Bangsa)

Wallahu a’lam bish-shawab

1 thought on “Belajar dari Pengalaman Pahit atau Manis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *