Adzan Pertama Sebelum Subuh di Masjid Nabawi

Adzan Pertama Sebelum Subuh di Masjid Nabawi

Adzan Pertama Sebelum Subuh di Masjid Nabawi

Adzan Pertama Sebelum Subuh di Masjid Nabawi

       Mungkin sudah menjadi kebiasaan warga tanah haram mendengar lantunan adzan yang diperdengarkan seorang muadzin masjid terbesar, berkharisma dan melegenda, Masjid Nabawi di Madinah. Namun Kumandang suara merdu tersebut juga terasa asing di telinga para pemula yang pertama kalinya berkunjung tanah haram Madinah karena adzan tersebut di lantunan sekitar jam 04.30 waktu Madinah, padahal waktu sholat subuh baru diawali sekitar pada pukul 05,30. (Baca juga : Refleksi Diri di Akhir Tahun)

Adzan Pertama Sebelum Subuh di Masjid Nabawi dapat anda lihat dan dengarkan dalam video dibawah ini:

Jangan lupa di share untuk Syi’ar, di like dan Subscribe YouTube kami

       Dalam sejarahnya memang adzan dipergunakan untuk memanggil orang-orang muslim di zaman rasul, dan Billalah orang yang di tunjuk Rasulullah untuk menunaikan tugas itu. Setiap muslim apabila mendengar suara adzan akan langsung bergerak meninggalkan aktifitas keduniaannya dan berbondong-bondong untuk segera merapat ke masjid sebagaimana yang terlihat pada pagi di Masjid Nabawi Madinah.

       Ini merupakan insting seorang muslim sejati, merapat ke tempat ibadah (Masjid atau Mushalla) untuk mendekatkan diri kepada Allah dan sejenak melupakan urusan keduniaan. (Baca juga artikel lain pada : KH Ahmad Mujayyid Kisah 7 Pemuda Tertidur 309 Tahun di Gua)

       Adzan dini hari (sekitar pukul 04.30) yang tiap hari terdengar itu merupakan adzan pertama sebelum masuk waktu subuh, ibarat sebuah panggilan yang dperuntukkan kepada semua orang muslim yg pada saat itu belum tertidur atau yg sudah terjaga dari tidurnya, dapat segera merapatkan diri ke masjid untuk shalat 2/3 malam dan membaca Al-Qur’an serta ibadah lainnya.

       Pukul 04.30 waktu Madinah memang tergolong waktu dini hari buat orang-orang Madinah khususnya dan tanah Haram umumnya dan biasanya justru saat-saat yg sangat enak untuk terlelap tidur. Akan tetapi tidak untuk Masjid Nabawi, yang setiap saat selalu dipenuhi oleh ribuan jama’ah shalat 5 waktu, bahkan tidak pandang bulu soal waktu apabila seorang muslim ingin beribadah kepada Tuhannya di dalamnya.

       Raudhah adalah destinasi seorang muslim apabila ingin shalat dalam masjid Nabawi. Raudhah ini adalah tempat antara mimbar Masjid Nabawi dan rumah Rasulullah Muhammad SAW. Raudhah ini salah satu lokasi mustajab, sebagaimana tersebut dalam Hadits

Rasulullah saw bersabda, “Tempat antara rumahku dan mimbarku adalah taman dari taman-taman surga.” (HR. Muslim).

       Untuk mencapai Raudah memang tidaklah terlalu sulit, hanya terkadang banyak muslimun harus berebut sebelum masuk ke tempat itu untuk shalat, berzikir, berdoa dan membaca al Qur’an dan kadang tempat yang tersedia tidak cukup menampung animo semua muslimun untuk shalat di tempat tersebut, dan bahkan ada yang sampai tertidur di lokasi tersebut. (Baca juga artikel lain pada : Pengajian Umum Full Kocak KH Ali Murtadho)

        Pemandangan yg sulit dicari dibelahan bumi manapun melihat antusiasme muslimin di Masjid Nabawi dalam memakmurkan sebuah masjid. Wa idza arada syai’an an yaqula kun fayakun,  bagi Allah tidak ada yg tidak mungkin apabila Allah telah menginginkan.

       Itulah postingan kami tentang Adzan Pertama Sebelum Sholat fajar di Masjid Nabawi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Adzan Pertama Sebelum Sholat fajar di Masjid Nabawi tersebut dapat menambah keimanan kita. (Baca juga artikel lain pada : Soal Pilihan Ganda Tentang Peluang)

Lihat artikel lain dalam video pada :

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *