Tips Mengerjakan Soal UN Berbasis Komputer

Tips Mengerjakan Soal UN Berbasis Komputer

        Tips Mengerjakan Soal UN Berbasis Komputer. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan menerapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau yang juga dikenal dengan istilah Computer Based Test (CBT).

        Sebenarnya, soal UNBK atau soal UN berbasis kertas atau yang dikenal dengan istilah Paper Based Test (PBT), soalnya tidak akan jauh beda. Yang sangat membedakan antara UNBK dengan Ujian Nasional yang lainnya adalah cara mengerjakannya dan cara mengakses soalnya saja.

Ujian Nasional Berbasis Kertas (Paper Based Test)

    Soal Ujian Nasional (UN) berbasis kertas menggantungkan distribusi soal dari percetakan. Sehingga dibutuhkan waktu berhari – hari, bahkan mungkin berminggu – minggu sebelum soal tersebut sampai ke sekolah dan dihadapi siswa. Untuk soal – soal yang berbeda antara satu siswa dengan yang lain maka soal dibuat dalam bentuk paket. Mulai paket 1 sampai paket yang dibutuhkan.

        Untuk mengerjakan Ujian Nasional dengan sistem PBT, siswa menyiapkan alat tulis lalu menerima lembar soal dan lembar jawab sebagai media untuk mengerjakan soal – soal yang diberikan. Jawaban siswa nantinya akan dikirim ke Dinas Pendidikan untuk diproses menuju langkah selanjutnya agar nilai siswa keluar.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

        Sedangkan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dikirimkan secara online ke server sekolah pada H-3 sampai H-1 UN. Soal itu dilengkapi enkripsi atau kode keamanan bertingkat untuk membukanya. Pada hari-H ujian, soal UN itu akan dibuka dengan kode khusus yang dipegang oleh programmer aplikasi dari Kemendikbud yang akan datang ke sekolah-sekolah UN komputer.

        Saat siswa membuka komputer, mereka mendapatkan soal yang sudah diacak secara sistem. Jadi soal sudah benar – benar acak.

        Untuk mengerjakan soal UNBK, siswa datang dan memasuki ruang ujian tanpa perlu repot – repot membawa alat tulis. Paling maksimal membawa bolpoint nanti dibuat untuk menghitung saat soal yang dihadapi berkaitan dengan perhitungan. Selebihnya tinggal klik pilihan ganda yang ada di layar (yang tampil melalui Exam Browser) saat mengerjakan.

      Itulah sedikit tentang perbedaan antara soal pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan soal UN berbasis kertas (PBT).

        Namun adik – adik yang akan menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tidak perlu merasa ketakutan dengan UNBK ini, walaupun kalian masih baru pertama kalinya akan melaksanankan tahun ini. Untuk itulah ada beberapa tips yang mungkin bisa adik – adik jadikan referensi agar adik – adik dapat mengerjakan soal UNBK.

Tips mengerjakannya adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan tips yang sudah pernah kakak berikan pada posting kami sebelumnya yang berjudul “TIPS SUKSES MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN)
  2. Ikuti segala pengarahan yang telah diberikan oleh sekolah dimana adik – adik belajar tantang cara mengerjakan soal UNBK, jangan diremehkan.
  3. Ikuti simulasi mengerjakan soal UNBK dengan sebaik – baiknya agar adik – adik menjadi terbiasa mengerjakannya.
  4. Ketika adik –adik memasuki ruangan ujian yang berbasis computer, jangan merasa takut atau grogi. Biasa saja.
  5. Ikuti petunjuk pengerjaan yang ada dilayar computer dengan seksama.
  6. Tidak usah terpengaruh oleh teman yang duduk disebelah adik, karena soal UNBK tidak sama antara peserta ujian.
  7. Kerjakan soal dengan semaksimal mungkin, tapi jangan dijadikan beban.
  8. Jika terjadi gangguan pada computer, maka adik – adik tidak perlu gugup. Biasa saja. Akan segera diatasi oleh pihak penyelenggara ujian.
  9. Ikuti kembali “TIPS SUKSES MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN)” yang sudah kakak berikan pada postingan sebelumnya.

        Itulah tips Mengerjakan Soal UN Berbasis Komputer yang dapat kakak sampaikan atas permintaan salah satu pembaca. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *