Tips Hemat Biaya Listrik dan Transportasi

Tips Hemat Biaya Listrik dan Transportasi

        Tips Hemat Biaya Listrik dan Transportasi. Setelah seri pertama dan kedua dari rangkaian “Tips Hidup Hemat” yang berjudul “Tips Hemat Biaya Makan” dan “Tips Hemat Biaya Perumahan dan Pakaian”, maka pada edisi kali ini kami akan berbagi tentang “Tips Hemat Biaya Listrik dan Biaya Tranportasi”.

        Pada era sekarang ini kebutuhan listrik dan transportasi juga merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi kita selain kebutuhan makan, perumahan dan pakaian.

        Tenaga listrik merupakan sumber energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia baik untuk kegiatan industri, kegiatan komersial maupun dalam kehidupan sehari-hari rumah tangga. Energi listrik dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan penerangan dan juga proses produksi yang melibatkan barang-barang elektronik dan alat-alat/mesin industri. Mengingat begitu besar dan pentingnya manfaat energi listrik

        Kebutuhan transportasi merupakan kebutuhan turunan (derived demand) akibat aktivitas ekonomi, sosial, dan sebagainya. Dalam kerangka makro-ekonomi, transportasi merupakan tulang punggung perekonomian nasional, regional, dan lokal, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Harus diingat bahwa sistem transportasi memiliki sifat sistem jaringan di mana kinerja pelayanan transportasi sangat dipengaruhi oleh integrasi dan keterpaduan jaringan.

        Masalahnya adalah listrik dan transportasi juga menjadi salah satu factor yang dapat mengurangi penghasilan bersih kita tiap bulannya. Nah kalau kita tidak bisa memanage hal tersebut tentu kita akan menjadi sebel bangets kan?!? Nah untuk mengatasi masalah tersebut diatas maka kami akan membahasnya sekaligus bagaimana cara mengatasinya seperti pada judul diatas yaitu “Tips Hemat Biaya Listrik dan Transportasi”

         Dibawah ini kami akan bagi Tips tersebut menjadi dua sub sesuai dengan kebutuhannya yaitu “Tips agar Hemat Biaya Listrik” Tips agar Hemat Biaya Transportasi”. Dan inilah ulasannya:

  1. Kebutuhan Listrik.

        Dengan asumsi dirumah kita menggunakan daya listrik 900 watt, sedangkan dirumah  kita memakai jetpump, Televisi, kulkas, setrika listrik dan lain – lain. Maka anggaran listrik adalah Rp 120 ribu – 180 ribu/bln.

TIPS:

         Jangan menggunakan jetpump, gunakan saja pompa dragon (sambil olah raga), Jangan pakai A/C, cukup pakai a/c saja alias ‘angin cendela’. Jangan dihidupkan televisi atau kulkas, cukup gunakan sebagai hiasan saja. Jangan suka maen playstation, kalo mau main, silahkan main monopoli, halma, atau ular tangga saja yang hemat listrik.

  1. Kebutuhan Transportasi.

        Dengan asumsi kalau kita naik sepeda motor ke kantor, maka anggaran untuk bensin & servis minimal Rp 200 ribu per bulan.

TIPS:

        Pakai bensin campur saja, maksudnya campur dorong, di jamin lebih irit dan lebih sehat. Selain itu anda lebih baik bergabung dalam group “NFC” (Nebeng Fans Club) dgn alasan mempererat tali silaturahmi

        Bagaimana dengan solusi atau tips yang dipaparkan diatas? Cukup gila kan? Mau mencoba melakukannya? Lakukanlah jika anda termasuk ingin masuk dalam golongan “UNASHAMED”.

hehehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *