Tips Agar Hidup Hemat

Tips Agar Hidup Hemat

        Tips Agar Hidup Hemat. Setelah sharing rangkaian tips hemat yang terbagi dalam beberapa seri, maka kini saatnya kami bagikan kumpulan berhemat yang kami kemas dalam satu paket tips yang kami beri judul “Tips Hidup Hemat”.

        Menjelang bulan Ramadhan, tidak hanya kebutuhan pokok yang harganya mulai melonjak naik dan sulit dikendalikan, namun juga kebutuhan hidup lain juga ikut merangkak naik, misalnya harga bawang merah, daging sapi, telur, minyak goreng, sampai harga emas juga ikut – ikutan naik.

        Namun sobat pembaca artikel ini tidak usah cemas maupun khawatir terhadap gejolak tersebut karena disini kami akan memberikan tips agar anda tetap bisa menghemat keuangan anda sehingga isi dompet anda tidak ikut – ikutan menjadi tipis karena isinya terkuras atas fenomena tersebut diatas.

Dibawah inilah tips yang perlu anda lakukan

  1. MAKAN

Dengan asumsi sekali makan Rp. 10.000, maka biaya makan sehari bisa mencapai Rp. 30.000 (3×10.000), so selama 30 hari (30 x 3 kali sehari x 10.000)  maka minimum biaya yang dikeluarkan untuk makan adalah Rp. 900.000 (Sembilan ratus ribu rupiah.

TIPS:

  1. Rajin – rajinlah puasa Senin Kamis. Rajin ke kondangan atau walimahan (kalau ada yabg ngundang). Sering – sering ikut demo (biasanya dapet jatah nasi bungkus)
  2. Kalau ingin lebih hemat maka puasa mutih (hanya makan nasi putih tanpa lauk). Satu bungkus hanya Rp. 3.000 so satu bulan hanya biaya Rp. 270.000 (3.000 x 3 x 30 hari)
  3. Mau paling irit? Coba lakukan ini, pagi hari makan atau minum Energen (iklannya: minum makanan bergizi) agar tidak lapar. Harga satu sachet hanya Rp. 1.500. Siang hari minum jelly drink (penunda lapar). Harganya satu gelas hanya Rp. 1.000. Malam hari jangan lupa minum promag (terhindar dari mag). Satu tablet hanya Rp. 500. Maka total pengeluaran satu hari hanya Rp. 3.000. nah kalau dihitung sebulan hanya mengeluarkan biaya Rp. 90.000.

2. Perumahan.

Kebutuhan perumahan adalah kebutuhan pokok yang harus ada setelah makan. Nah mari kita asumsikan Kalau kita ingin tinggal di rumah sendiri maka kita harus beli rumah yang kita pasti sadar bahwa untuk hal tersebut perlu dibutuhkan biaya yang sangat besar (minimal butuh dana lebih dari serratus juta rupiah). Asumsi kedua adalah kita tidak beli rumah tapi tinggal di kontrakan maka kita minimal membutuhkan dana Rp 500.000 per bulan.

TIPS:

Tinggallah di Pondok Mertua Indah, dijamin anda tidak perlu memikirkan biaya kontrak. Selain bebas uang kontrakan, anda juga bebas makan, termasuk makan hati.

3. PAKAIAN

Pakaian juga merupakan kebutuhan pokok bagi kita sebagai manusia. Nah jika kita asumsikan bahwa kebutuhan pakaian manusia adalah setiap tiga bulan ganti baju atau kaos baru per tiga bulan, maka diperlukan biaya sekitar Rp. 600. 000 per tiga bulan (untuk beli baju atau kaos dan celana). Nah kalau itu terjadi maka dapat dibayangkan berapa lembar lagi dompet kita akan berkurang?

TIPS:

Jangan beli pakaian setiap tiga bulan, tapi belilah pakaian setahun sekali saja yaitu pada saat menjelang lebaran tiba. Sedangkan untuk kaos tidak perlu beli. Hadirilah ikutilah saja setiap kampanye pilkada atau kampanye pileg, biasanya ada calon yang bagi – bagi kaos gratis.

4. Kebutuhan Listrik.

Dengan asumsi dirumah kita menggunakan daya listrik 900 watt, sedangkan dirumah  kita memakai jetpump, Televisi, kulkas, setrika listrik dan lain – lain. Maka anggaran listrik adalah Rp 120 ribu – 180 ribu/bln.

TIPS:

Jangan menggunakan jetpump, gunakan saja pompa dragon (sambil olah raga), Jangan pakai A/C, cukup pakai a/c saja alias ‘angin cendela’. Jangan dihidupkan televisi atau kulkas, cukup gunakan sebagai hiasan saja. Jangan suka maen playstation, kalo mau main, silahkan main monopoli, halma, atau ular tangga saja yang hemat listrik.

5. Kebutuhan Transportasi.

Dengan asumsi kalau kita naik sepeda motor ke kantor, maka anggaran untuk bensin & servis minimal Rp 200 ribu per bulan.

TIPS:

Pake bensin campur saja, maksudnya campur dorong, di jamin lebih irit dan lebih sehat. Selain itu anda lebih baik bergabung dalam group “NFC” (Nebeng Fans Club) dgn alasan mempererat tali silaturahmi.

6. Hiburan

Ketika kita Rekreasi, jalan – jalan, nonton pertunjukan musik, nonton bioskop, melihat pertandingan sepak bola di stadion, dll, maka biaya yg diperlukan luar biasa banyaknya, minimal 500 ribu.

TIPS:

Cukup Jalan – jalan santai di sekitar kompleks rumah kita, rekreasi di area persawahan dibelakang rumah kita atau mincing di sungai di desa kita, nonton kebakaran, nonton wayang ditempat orang hajatan, nonton musik kampanye pilkada, nonton orang main layang – layang, maka hal ini tidak hanya hemat, melainkan tidak dibutuhkan biaya Insya Allah.

7. Shopping.

Kalau kita ke supermarket, mall, plaza tentu dibutuhkan biaya besar mulai dari transport, pakaian yang kita kenakan dan lain – lain, paling tidak kita butuh dana yang sangat besar, minimal satu juta rupiah.

TIPS:

Shoppingnya ke warung Mbok Ijah yang ada disamping rumah kita saja, selain dekat, barang – barangnya juga bisa ditawar plus boleh ngutang.

  1. KOMUNIKASI

Kalau kita asumsikan pakai kartu SIMPATI yang menghabiskan biaya setiap isi ulang sebesar Rp. 50.000 yang habis dalam waktu satu minggu karena digunakan untuk nelpon atau internetan maka biaya beli pulsa dalam satu bulan adalah sekitar 200.000/bulan. Begitu juga kalau memakai kartu INDOSAT atau XL.

TIPS:

Agar hemat Pakailah “FREN” yang dijamin lebih muraaaah bahkan tanpa biaya, maksudnya “FREN” disini adalah kalau mau nelpon ato sms atau internetan, tinggal bilang aja “Freeeeeeen….pinjem HP loe

donk….”

  1. KEPERLUAN SEHARI – HARI

Keperluan kita sehari – hari seperti sabun mandi, sabun cuci, odol, shampo, parfum dll. Dengan

asumsi untuk beli keperluan tersebut kita butuh dana sekitar Rp. 150b/bulan.

TIPS:

Mandi kalau perlu saja, kalo biasanya dua kali sehari, sekarang cukup dua hari sekali aja. Toh mandi atau gak mandi itu sama aja kan? Kalau mandi pakai sabun yang paling keras, keramas pakai shampoo dari air sabun aja atau pakai “merang” (batang padi yang dibakar), sikat gigi pakai batu bata aja seperti tempo doeloe. Minyak rambut pakai minyak goreng aja, lebih murah.

         Itulah beberapa tips yang super ngaco. Mau mencoba melakukannya? Lakukanlah, namun kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkannya. Ini hanya humor semata. Semoga anda tersenyum dengan tips yang konyol ini sebagai humor untuk anda. Maaf jika kurang berkenan

hehehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *