RPP Bahasa Inggris Kelas 9 SMP Unit 6 Kurikulum 2013

RPP Bahasa Inggris Kelas 9 Unit 6

RPP Bahasa Inggris Kelas 9 SMP Unit 6 Kurikulum 2013. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dibawah ini merupakan kelanjutan dari RPP unit 5 yaitu RPP unit 6 (Chapter 6) untuk kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP) kurikulum 2013. Dan dibawah ini merupakan RPP Unit 6 kelas 9 untuk pembelajaran Bahasa Inggris sesuai dengan buku pegangan peserta didik.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah: SMPN . . . . .
Mata pelajaran: BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester: IX / 1
Alokasi Waktu: 2 Jam Pelajaran

 

A.      Kompetensi Inti (KI)

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.      Kompetensi Dasar

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional

3.8 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.9 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi*)

1.1.1 Melaksanakan pembelajaran dengan bersemangat

2.3.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab saat menggunakan ungkapan yang menyatakan tindakan yang sedang dilakukan/terjadi saat ini, pada waktu lampau dan pada waktu yang akan datang

3.8.1 Menentukan struktur teks dan unsur kebahasaan, dan fungsi sosial untuk menyatakan ungkapan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.8.2 Menentukan struktur teks dan unsur kebahasaan, dan fungsi sosial untuk menanyakan ungkapan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini sesuai dengan konteks penggunaannya

4.9.1Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteksdan sesuai konteks.

4.9.2 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

 

D.      Materi Pembelajaran

Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang

Fungsi sosial

Melaporkan, menceritakan, menjelaskan

Struktur teks

The children didn’t play outside all day today because it was raining hard.You didn’t help your mum yesterday because you said you were doing your homework. Now you don’t want to help her because you are doing your homework again. Is that just an excuse? You should be helping her now! It may raining soon, so bring your umbrella with you., dan semacamnya.

Unsur kebahasaan

(1)           Kata kerja dalam Present Continuous Tense, Past Continuous Tense

(2)           Kata kerja dalam Continuous Tense dengan will, may, should

(3)           Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal

(4)           Ucapan, tekanan kata, intonasi,

(5)           Ejaan dan tanda baca

(6)           Tulisan tangan

 

E.       Kegiatan Pembelajaran

Langkah PembelajaranAlokasi

Waktu

Pertemuan Pertama:

Kegiatan Pendahuluan:

1.       Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka. Mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan doa dan memeriksa kehadiran peserta didik.

2.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai KD.

3.       Guru melakukan apersepsi terkait dengan materi yang akan diajarkan.

5 menit
Kegiatan Inti:
Pendekatan SaintifikDeskripsiAlokasi

Waktu

1.       Mengamati

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.       Peserta didik mengamati gambar pada Buku Siswa halaman 108 – 112. Guru memberikan beberapa pertanyaan arahan. Pastikan peserta didik aktif menjawab dan bahkan bertanya, sehingga mereka memahami gambar.

2.       Guru menyebutkan makna dan tujuan dari teks yang akan mereka dengar secara umum, yaitu bahwa para tokoh akan berbicara tentang apa yang sedang Edo lakukan ketika Beni dan Udin ingin mengajaknya main bola.

3.       Peserta didik menyimak pernyataan setiap tokoh yang dibacakan guru dan menirukannya. Guru melakukan pengulangan pada bagian yang dicetak tebal. Agar peserta didik aktif, guru memberikan pertanyaan pemahaman atau meminta peserta didik memberikan komentar. Guru juga menyelipkan pertanyaan: “If you were Edo, would you go with Udin and Beni?, “Why?”, “why not?”. Dari jawaban peserta didik, guru akan mengetahui apakah peserta didik memiliki sikap tanggung jawab.

10 menit
2.       MenanyaGuru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanya, memberikan komentar atau saran terkait ungkapan tersebut .5 menit
3.       Pengumpulan DataMengumpulkan informasi:

1.      Peserta didik menyimak guru mendiktekan setiap  kalimat yang diucapkan setiap tokoh sebagaimana tercantum pada buku siswa halaman 108-112.

2.      Peserta didik menirukan kalimat yang dibacakan guru dengan ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang baik dan benar, baik secara klasikal maupun individual dan mencari kosa kata yang sulit yang belum dipahami.

3.      Guru memberikan penjelasan tentang penggunaan kata kerja bantu is/am/are sesuai kaidah bahasa lisan, yaitu menyatu dengan subyeknya.

4.      Guru memberikan balikan dalam bentuk komentar/koreksi/penghargaan.

10 menit
4.       Mengasosiasi1.       Dalam kelompok masing-masing, peserta didik berlatih memerankan setiap tokoh, bagian demi bagian. Mula-mula sambil membaca teks , namun secara bertahap ke arah mandiri dengan tidak selalu sering melihat teks.

2.       Peserta didik bermain peran dengan tidak terlalu sering melihat teks. Guru memberikan balikan dalam bentuk komentar/koreksi/penghargaan.

3.       Peserta didik membaca kembali teks, kemudian melengkapi kalimat yang telah dirumpangkan dengan pernyataan tindakan yang sedang terjadi pada saat diucapkan yang disebutkan oleh tokoh dengan sedikit penyesuaian.

4.       Guru menjelaskan penggunaan kata kerja bantu is/am/are sesuai kaidah bahasa tulis, yaitu terpisah dari subyeknya.

5.       Peserta didik membaca kembali teks, kemudian mendaftar semua kata kerja yang telah dipelajari, dalam tabel dengan empat variasi bentuknya dengan tulisan tangan. Sambil menuliskan kata kerja tersebut, peserta didik mencek kembali cara pengucapannya.

6.       Dalam kelompok masing-masing, peserta didik berlatih saling membacakan teks berulang-ulang dan berganti-ganti

7.       Peserta didik membaca kembali setiap teks yang diucapkan oleh setiap tokoh pada kegiatan sebelumnya, untuk kemudian menuliskan kembali ungkapan-ungkapan yang menyatakan kegiatan yang sedang terjadi saat ini yang digunakan oleh setiap soal, mencermati dan menentukan apakah kata kerja yang di dalam kurung memiliki makna “sedang” atau tidak dan kemudian membentuknya dalam bentuk continuous atau tidak continuous, dalam bentuk present.

8.       Peserta didik membuat dialog sendiri secara berpasangan

20 menit

 

 

 

 

 

 

 

5.         Mengomunikasikan:

 

1.       Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya

2.       Bersama kelompoknya setiap peserta didik merefleksikan pengalaman belajarnya masing-masing pada materi ini dengan saling memberikan masukan, mengingatkan, mengoreksi, dan sebagainya.

 

 

20 menit

 

Kegiatan Penutup:

1.      Bersama dengan guru membuat rangkuman/membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

2.      Guru memberikan balikan dalam bentuk komentar/koreksi/penghargaan.

1.      Guru menutup pertemuan.

10 menit

F.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.      Penilaian   Kompetensi Sikap Melalui   Observasi

Pertemuan Pertama:

Indikator:

2.3.1    Menunjukkan perilaku tanggung jawab saat   menggunakan ungkapan yang menyatakan   tindakan yang sedang dilakukan/terjadi saat ini, pada waktu lampau dan pada waktu yang akan datang

 

Teknik penilaian: observasi

Instrument:

NoNamaAspek perilaku yang dinilaiKeterangan
Tanggung jawab
KriteriaMenyelesaikan tugas yg diberikanBersungguh-sungguh dalam kerja kelompok
1.Andik
2.Atik
3.….

Catatan:

Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.

4 = selalu

3 = sering

2 = kadang-kadang

1 = jarang

Indikator:

2.3.2    Menunjukkan perilaku peduli saat   menggunakan ungkapan yang menyatakan   tindakan yang sedang dilakukan/terjadi saat ini, pada waktu lampau dan pada waktu yang akan datang

Teknik penilaian: observasi

Instrument:

NoNamaAspek perilaku yang dinilaiKeterangan
Peduli
KriteriaAktif selama diskusiMembantu teman yang belum paham materi
1.Andik
2.Atik
3.….

Catatan:

Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.

4 = selalu

3 = sering

2 = kadang-kadang

1        = jarang

 

 

 

2.    Penilaian   Kompetensi Pengetahuan

Teknik penilaian: Tes tertulis

Instrumen penilaian : terlampir

Kunci dan Pedoman Penskoran: terlampir

 

3.      Penilaian   Kompetensi Keterampilan melalui unjuk kerja

Teknik Penilaian: Unjuk kerja

Instrument:

Make a dialog containing the expression of stating an action in progress at present time, and perform it in front of the class.

Rubrik dan pedoman penilaian terlampir.

4.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan: terlampir.

 

G.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.     Media:

·         Gambar

·         Video

2.     Alat/Bahan:

·         LCD Projector

·         Laptop

3.     Sumber Belajar:

·         Buku siswa

·         Kamus

·         Lembar kerja

 

Mengetahui                                                                       Sidoarjo, Agustus 2015

Kepala SMP ….                                                               Guru Mata Pelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *