Puisi dan Lagu tentang Ayah

Puisi dan Lagu tentang Ayah

        Puisi dan Lagu tentang Ayah. Ayah adalah sesosok laki-laki yang patut untuk dikagumi sifat, sikap, dan perbuatannya. Ayah memiliki tanggungjawab besar untuk keluarga dan kasih sayangnya tidak perlu diragukan karena setara dan terkadang mungkin lebih besar daripada ibu. Seperti kata orang, ibu memiliki kasih sayang yang besar pada anak karena ibu yang melahirkan dan mengasuh anak. Tapi, kasih sayang ayah juga sangat besar. Fitrah ayah yang tak mampu seperti ibu yang dapat melahirkan, sehingga membuat kasih sayang ayah akan lebih besar dan dalam. Karena adakalanya ayah iri melihat anak-anak lebih dekat dengan ibunya. Oleh karena itu, semaksimal mungkin ayah akan memenuhi permintaan dan kebutuhan keluarga terutama untuk anak-anaknya. Kebahagiaan anggota keluarga adalah kebahagiaan dirinya. Itulah gambaran seorang ayah.

     Sifat ayah pada dasarnya adalah mengayomi, bertanggungjawab dan berusaha membuat anggota keluarga senang dan bahagia. Pendidikan, pengetahuan dan pendapatan yang rendah tidak akan menghalangi munculnya sifat alami tersebut pada sosok ayah. Mungkin ayah pernah marah atau memukul anak-anaknya, tapi percayalah bahwa hal tersebut merupakan bentuk kasih sayangnya. Ayah berharap anak-anaknya menjadi seorang manusia yang tidak rapuh, tidak nakal/menyalahi aturan, kuat, bertanggungjawab, dan menjadi manusia yang mandiri dalam menjalani proses kehidupan yang panjang dan berliku. Proses tersebut membutuhkan banyak bekal diantaranya sifat-sifat yang diajarkan ayah sewaktu kecil dengan memarahi atau memberi kasih sayang. Pernahkah kita berfikir betaba besar dan banyaknya pengorbanan ayah kita? Dan pernahkah kita berpikir juga untuk membalas semuai itu.???

        Dibawah ini ada sebuah lirik dan lagu karya dari Rinto Harahap yang menggambarkan kerinduan seorang anak kepada ayahnya

Sedangkan Puisi yang berupa Lirik atau syair lagu “Ayah” adalah dibawah ini.

Di mana … akan kucari

Aku menangis, seorang diri

Hatiku, slalu ingin bertemu

Untukmu, aku bernyanyi

Untuk ayah tercinta

Aku ingin bernyanyi

Walau air mata di pipiku

Ayah dengarkanlah

Aku ingin berjumpa

Walau hanya dalam mimpi

Lihatlah .. hari berganti

Namun tiada seindah dulu

Datanglah, aku ingin bertemu

Denganmu, aku bernyanyi

Untuk ayah tercinta

Aku ingin bernyanyi

Walau air mata di pipiku

Ayah dengarkanlah

Aku ingin berjumpa

Walau hanya dalam mimpi

3 thoughts on “Puisi dan Lagu tentang Ayah”

  1. puisi diatas sangat membuat saya terharu, dan membuat saya sangat merindukan ayah saya .. karena sejak saya masih berusia 2 tahun saya sudah tidak tinggal bersama ayah saya .. kami berpisah karena ada masalah di dalam keluarga saya .. tetapi walaupun kami bejauhan tetapi ayah sangat menyayangi saya ..
    ayah adalah segalanya bagi saya .. Dia adalah seorang lelaki yang begitu luar biasa dalam hidup saya, memberi tak kenal henti, berbagi tak kenal rugi, dan bekerja tak kenal lelah. Ayah, satu kata penuh makna yang menggambarkan kita makna akan perjuangan. Di setiap detik yang terlalui, di setiap menit yang berganti, beliau bergerak lincah untuk melangkah mencari rizki yang terhampar di setiap penjuru bumi Allah yang penuh cinta.
    semoga puisi dan lagu tentang ayah diatas dapat memberi pelajaran agar mereka selalu mengingat dan menyayangi ayahnya jika ayahnya masih berada di sampingnya dan masih bisa mengawasi dan menjaga anaknya ..

  2. saya sangat menyukai cerita ini secara tidak langsung cerita ini mengajarkan saya banyak hal dari mulai menghormati ayah yang baik,mematuhi perintahnya ,menghargai ayah sebagaimana ayah menjadi pengayom di rumah

    thanks to ayah….
    berkat ayah kini aku telah tumbuh dewasa menjadi manusia yang lebih mengerti apa arti KEHIDUPAN
    #ayah ku adalah palawanku

    dan orang bijak pernah berkata “kasih sayang ayah kepada anaknya laksana sang surya yang tak pernah padam”

    DAN ITU BENAR…..,,,

    1. saya sangat menyukai cerita ini secara tidak langsung cerita ini mengajarkan saya banyak hal dari mulai menghormati ayah yang baik,mematuhi perintahnya ,menghargai ayah sebagaimana ayah menjadi pengayom di rumah

      thanks to ayah….
      berkat ayah kini aku telah tumbuh dewasa menjadi manusia yang lebih mengerti apa arti KEHIDUPAN
      #ayah ku adalah palawanku

      dan orang bijak pernah berkata “kasih sayang ayah kepada anaknya laksana sang surya yang tak pernah padam”

      DAN ITU BENAR…..,,,

      nama : novia cyntia
      email : novia.cyntia27@gmail.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *