Manfaat Shalat Bagi Kesehatan

Manfaat Shalat Bagi Kesehatan

     Manfaat Shalat Bagi Kesehatan. Untuk saudara saudariku seiman. Jika sebelumnya anda sudah membaca artikel kami yang berjudul “Shalat sbg Kebutuhan Kewajiban atau Beban Hidup Kita, Maka kali ini kami akan berbagi artikel tentang Manfaat shalat bagi kesehatan tubuh kita.

       Kalau Selama ini kita menjalankan shalat karena demi untuk melaksanakan kewajiban seorang muslim sebagai sarana mendekatkan diri pada Allah, Ternyata di balik dalam setiap gerakan shalat ada manfaat yang sangat luar biasa, Dan selanjutnya disini akan kami share mengenai Manfaat dari Setiap Gerakan Shalat Dilihat dari Sisi Kesehatan.

       Shalat sebagai tiang agama adalah ibadah yang paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Gerakan-gerakannya sudah sangat melekat dengan gestur ( gerakan khas tubuh ) seorang muslim. Namun, pernahkah terpikirkan manfaat masing-masing gerakan?

Takbiratul ihram dan berdiri tegak dengan kepala agak menunduk.

      Gerakan berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah.

Manfaat: Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening ( limfe ) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar.

      Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Rukuk

       Rukuk adalah gerkan kedua dalam shalat. Jika posisi rukuk sempurna, yaitu saat posisi tulang belakang atau punggung menunduk lurus atau sejajar, maka andaikan  segelas air diletakkan di atas punggung tersebut tak akan tumpah jika posisinya benar kita melakukanya. Begitu juga dengan posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

Manfaat: Gerakan rukuk ini sendiri memiliki Manfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat dalam tubuh. Posisi jantung sejajar dengan otak kita, sehingga aliran darah akan maksimal pada tubuh bagian tengah-tengah. Begitu juga saat posisi Tangan yang bertumpu pada lutut, posisi ini akan merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bagian bawah. rukuk merupakan latihan untuk mencegah gangguan prostat.

I’tidal

      Gerakan bangun dari rukuk dimana tubuh kembali tegak setelah, mengangkat kedua tangan setinggi daun telinga.

Manfaat: Itidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

Sujud

       Gerakan sujud adalah posisi menungging menungging dengan meletakkan kedua tangan di samping kepala, lalu lutut, lalu ujung kaki dan dahi pada lantai atau sajadah kita.

Manfaat: Kerena Posisi jantung berada diatas otak saat sujud menyebabkan darah yang kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak kita, aliran ini memberi efek positif pada daya pikir orang tersebut. oleh itu, jangan melakukan sujud secara tergesah gesah, tapi lakukan secara tuma’ninah agar aliran darah berjalan dengan baik pada tubuh kita,  gerakan ini juga bisa menghindarkan gangguan wasir dan memperbaiki aliran geth bening dalam tubuh. Kemudian terkhusus untuk para muslimah baik sujud atau pun rukuk memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan kewanitaan.

Duduk

       Ada jenis duduk dalam shalat yaitu duduk iftirosy dan duduk tawaruk

      Duduk iftirosy adalah duduk dengan menegakkan kaki kanan dan membentangkan kaki kiri kemudian menduduki kaki kiri tersebut. Duduk ini pada saat duduk antara dua sujud dan duduk tashahud (tahiyat) awwal.

   Sedangkan duduk tawarruk adalah duduk dengan menegakkan kaki kanan dan menghamparkan kaki kiri ke depan (di bawah kaki kanan), dan duduknya di atas tanah/lantai. Duduk ini pada saat tasyahud (tahiyat) akhir.

Manfaat: Saat duduk iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini dapat menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan.

       Sedangkan duduk tawarruk sangat baik bagi pria karena tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan dengan benar, postur irfi dapat mencegah penyakit impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada duduk iftirosy dan duduk tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

Salam

       Gerakan terakhir dalam shalat yaitu memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal disebut salam.

manfaatnya yaitu merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala dan menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan salam ini dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

       Semoga bermanfaat bagi kita semua.

4 thoughts on “Manfaat Shalat Bagi Kesehatan”

  1. Ternyata manfaat sholat bagi kesehatan sungguh luar biasa . Sholat memang tiang agama yang harus atau wajib dilaksanakan oleh umat muslim , tetapi dibalik semua itu ternyata sholat bisa menyehatkan bagian anggota tubuh . Selain melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh kita sehat , Sholat ternyata bisa menyehatkan tubuh dari gerakannya yang bisa merefleksikan otot-otot tubuh

  2. Saya tidak menyangka…ternyata selain mendapat kan pahala…shalat mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan..sebelumnya saya tidak tau kalau shalat menyehatkan badan……saya suka artikel ini….

  3. Saya tidak menyangka…ternyata selain mendapat pahala….shalat mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan…sebelumnya saya tidak tatau kalau shalat menyehatkan badan……saya suka artikel ini

  4. subbhannallah, ternyata manfaat sholat itu luar biasa untuk kesehatan tubuh kita, jadi kita tidak hanya mendapatkan pahala tapi juga mendapatkan kesehatan yang tak ternilai harganya sehingga kita bisa hidup dengan bahagia dunia dan akhirat jika menjalankan sholat 5 waktu amin……………………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *