Etika Berjalan Bersama

Etika Berjalan Bersama

       Etika Berjalan Bersama. Berbagai jenis aktifitas atau kegiatan banyak kita temui ketika kita berada di jalan. Mulai dari aktifitas berjalan, berlari maupun berkendaraan yang mana aktifitas tersebut membutuhkan mobilitas yang berbeda sehingga kita harus saling menghargai setiap pengguna jalan terdebut.

       Berkenaan dengan hal tersebut diatas, kali ini kami akan mengulas sedikit tentang etika (tata krama) ketika kita berjalan bersama di jalan, baik itu ketika kita berjalan dengan orang yang lebih tua dari kita, berjalan dengan wanita ataupun berjalan dengan anak-anak atau adik kita yang masih kecil.

Adapun etika yang seharusnya kita terapkan adalah:

  1. Jika seorang laki-laki berjalan dengan seorang wanita maka laki-laki tersebut harus berada disebelah luar atau sebelah kanan dari wanita karena laki-laki adlah sebagai pelindung wanita.
  2. Jika seorang laki-laki berjalan dengan dua orang wanita, maka laki-laki tersebut tetap berada disebelah luar atau kanan dari dua orang wanita tersebut.
  3. Jika dua orang laki-laki berjalan dengan seorang wanita maka wanita tersebut berada diantara dua laki-laki tersebut. Artinya adalah seoang laki-laki berada disebelah paling luar atau paling kanan, sedangkan laki-laki yang lain berada disebelah paling dalam atau paling kiri sehingga wanitanya berada ditengah.
  4. Jika kita berjan dengan orang lanjut usia, maka kita juga harus berjalan disebelah luar atau sebelah kanan dari orang yang sudah lanjut usia.
  5. Jika kita berjalan dengan seorang anak atau adik kita yang masih kecil, maka kita harus berjalan disebelah disebelah kanan atau sebelah luar dari anak atau adik kita yang masih kecil tersebut.
  6. Jika seorang laki-laki berjalan dengan seorang wanita dan seorang anak kecil maka laki-laki berada disebelah paling luar atau paling kanan, sedangkan wanitanya berada paling dalam atau paling kiri sehingga sang anak yang masih kecil berada ditengah diantara laki-laki dan wanita tersebut.
  7. Namun jika situasi jalan yang sempit yang tidak memungkinkan untuk berjalan dengan berjajar kesamping, maka tata kramanya adalah berbalis kebelakang dengan posisi tetap seperti tersebut diatas.

       Itulah etika yang seyogyanya kita lakukan dalam perjalanan bersama di jalan. Semoga postingan ini dapat memberikan manfaat bagi kita.

2 thoughts on “Etika Berjalan Bersama”

  1. Saya terkesima tentang artikel etika berjalan bersama,karena di dalam artikel tersebut mengajarkan tentang bagaimana etika berjalan yang baik dan sopan sesuai etika yang terdapat di artikel ini.Dan artikel ini mengajarkan bagaimana cara menerapkan etika berjalan tersebut dengan baik.Seperti mengajarkan kita,jika kita berjalan dengan adik kita maka kita berada di sebelah kanan mereka kerena itu menjaga keselamatan mereka jika ada bahaya.

  2. artikel ini sangat menarik untuk di baca. karna aktivitas ini tidak dapat di hindarkan dari kegiatan manusia kpanpun dan dimanapun kita selalu berjalan, dan kita harus selalu ingat tata krama berjalan yang benar agar kita selalu selamat dalam perjalanan. dari awal keluar rumah hingga kembali lagi kerumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *