Cara Mengatasi File Tersembunyi pada Laptop

Cara Mengatasi File Tersembunyi

       Cara Mengatasi File Tersembunyi pada Laptop. Kami kali ini share tentang file folder pada flashdisk kami yang tersembunyi (hidden file) dari komputer atau laptop. Suatu ketika kami mengcopy file folder dari teman kami yang berkapasitas 765 MB ke flashdisk kami. Kami sangat senang karena di folder tersebut terdapat lagu – lagu yang berkaitan dengan pembalajaran Bahasa Inggris.

       Segera setelah kami dapatkan file folder dari teman, kami bermaksud membuka file tersebut pada laptop kami. Maka kami masukkan flashdisk kami di drive H. Namun kekecewaan langsung muncul dihati kami karena file tersebut tidak terbaca di laptop kami, bahkan semua file folder kami yang lain juga tidak dapat terbaca atau hilang, yang terbaca hanya tiga file yang berupa Microsoft word document.

       Kami penasaran, apa yang sebenarnya terjadi pada flashdisk kami. Kami melakukan beberapa langkah untuk mengecek kembali flashdisk kami yaitu:

  1. Yang pertama kami lakukan adalah mencabut flashdisk kami dari laptop.
  2. Kami masukkan kembali fashdisk kami di file directory H (Disk drive: H)
  3. Kemudian kami klik Removable Disk (H:) dan yang Nampak adalah tetap tiga file Microsoft word document yang total kapasitasnya hanya sekitar 200 kb (padahal flaskdisk kami berkapasitas 8 GB)
  4. Lalu kami menuju ke main Disk Drive (Computer) lalu kami klik disk tersebut, maka muncul Local Disk (C:), Disk D:, Disk E:, Disk F:, Disk G:, Disk Removable Disk (H🙂 dan System Reserved (I:). Ternyata di Disk H: tertera 182 MB free of 7.60 GB, yang artinya adalah bahwa flashdisk kami yang terpakai adalah berkapasitas 7. 418 GB.

       Yang timbul dalam pertanyaan besar kami adalah dimana adalah dimana file kami yang berkapasitas 7.418 itu? Lalu kami segera meminta bantuan teman kami untuk mengatasi masalah kami tentang file forder flashdisk kami yang tidak terbaca. Maka teman kami mengatakan bahwa file folder kami telah tersebunyi oleh firus, dan untuk menampilkannya kembali adalah dengan beberapa langkah, yaitu:

  1. pertama kita menuju ke Start lalu klik kanan pada start tersebut, akan langsung muncul beberapa nama program file computer.
  2. Lalu sorot cursor langsung ke Command Promp, atau bisa juga sorot cursor ke search lalu ketik command promp atau cmd, atau cara lain adalah sorot cursor ke run lalu ketik cmd dan kemudian klik ok, maka akan muncul program Command Promp.
  3. Setelah muncul atau terbuka program Command Promp, seperti gambar dibawah ini
  4. Cara Mengatasi File Tersembunyi via Command PrompLalu ketik lokasi drive yang akan dibuka dan akhiri dengan tanda : (titik dua) misalnya karena kami memasukkan flashdisk kami di drive H maka kami ketik H: (bisa ketik H: atau h:)
  5. lalu klik enter.
  6. Setelah muncul tulisan H:\> maka ketik attrib (spasi) –s (spasi) –h (spasi) /s (spasi) /d sehingga tulisan kami di command promp menjadi attrib -s -h /s /d seperti gambar dibawah ini.
  7. Cara Mengatasi File Tersembunyi melalui Command PrompLalu klik enter.
  8. Lalu tunggu beberapa detik, maka lokasi file di drive H Alhamdulillah sudah bisa dibuka, maka lihatlah file di drive H, maka semua file yang tersembunyi (hidden) sudah terbuka atau muncul kembali.

Keterangan:

attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt

-s = menghilangkan atribut System File

-h = menghilangkan atribut Hidden File

/s = sub directory

/d = directory

       Jika anda melakukan hal yang sama seperti yang kami alami, lakukan cara  atau langkah – langkah seperti yang kami kemukakan diatas. Insya Allah akan berhasil.

       Itulah trick tentang Cara Mengatasi File Tersembunyi (hidden) pada Laptop atau komputer. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita.

2 thoughts on “Cara Mengatasi File Tersembunyi pada Laptop”

  1. Trimakasih atas post nya….artikel ini sangat membantu saya dan pemilik komputr yg lemot lainnya…di tambah lagi postnnya karena. Sangat bermanfaat bagi pengguna komputer lemot

  2. artikel ini sangat bagus,dan artikel ini sangat menarik karena dengan artikel ini saya dapat mengatasi file yang tersembunyi pada leptop , terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *