Cara Mendidik Anak Agar Berprestasi

Cara Mendidik Anak Agar Berprestasi

Cara Mendidik Anak Agar Berprestasi

      Anak merupakan anugerah dari Allah yang sangat besar. Namun anak juga merupakan amanah dari Allah yang harus kita jaga. Anak yang diamanahkan oleh Allah merupakan ujian sekaligus aset masa depan kita. Untuk menggapai masa depan yang kehidupannya tentunya kita harapkan lebih baik dari kita membutuhkan usaha dan do’a yang sungguh-sungguh dari kedua orang tua. Namun menyongsong kehidupan yang semakin hari semakin maju tentunya juga kita harus pandai mendidik anak-anak dalam usia dini.

      Salah satu penyebab kerusakan mental seorang anak adalah dikarenakan kurangnya (atau bahkan tidak adanya) perhatian dari orang tua. Bisa juga disebabkan dalam istilah modern sekarang ini ialah broken home. Dari Broken home bisa mengakibatkan sebuah sifat yang mana anak mempunyai jiwa pendendam, mudah marah dan lain-lain. Dari sifat tersebut pastinya  akan berdampak buruk bagi mentalitas anak kedepannya. (Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Kebersihan Lahir Batin)

Berikut ini kami berikan beberapa tips Cara Mendidik Anak Agar Berprestasi antara lain:

  1. Biasakan mengajari anak dengan sebuah ajaran yang benar dan baik terutama tentang Agama. Jika merasa kurang mampu mengajari dengan pengetahuan agama, maka carilah guru atau ustadz yang benar atau lembaga yang kompeten. Dan jawablah pertanyaan mereka walapun terasa sulit untuk dijelaskan.
  2. Biasakan anak selalu berdo’a sebelum melakukan kegiatan. Jangan abaikan hal kecil ini yang sebenarnya sangat berpengaruh bagi perilaku anak kelak.
  3. Biasakan anak selalu belajar tepat waktu. Biasakan cara belajar seperti ini secara rutin. Dan juga tidak mengesampingkan dunia anak-anak mereka untuk bermain.
  4. Biasakan anak anda bagun pagi setiap hari. Udara segar sangat diperlukan untuk melatih daya pikir anak agar dapat mengembangkan bakat mereka dikemudian hari.
  5. Anggaplah anak anda adalah seorang teman yang baik maka tidak ada sekat-sekat bagi mereka untuk merasa takut menyampaikan pendapat.
  6. Biasakan hidup disiplin karena disiplin modal awal mereka untuk menjalani hidup yang lebi baik. (Baca juga artikel lain pada : Pertanyaan Imam Ghazali kepada Muridnya)
  7. Seperti pepatah like father like son, jangan sekali-sekali mencontohkan sifat buruk kita dikarenakan anak biasanya meniru apa yang kita lakukan.
  8. Nasehati dengan kata-kata yang baik tanpa amarah sehingga dia menjadi anak yang berbakti kelak bagi kedua orang tuanya.

      Itulah beberapa tips Cara Mendidik Anak Agar Berprestasi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Namun tentu banyak cara-cara lain menurut anda, namun setidaknya Cara Mendidik Anak Agar Berprestasi diatas dapat bermanfaat bagi anda untuk bahan refernsi anda dalam mendambakan anak yang berprestasi. (Baca juga artikel lain pada : Saat Hati Lelah Berubah Menjadi Lillah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *