Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik

Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik

Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik

        Sebagaimana kita ketahui bahwa Kata pengantar merupakan kalimat pembuka dari penulis, atau pengantar yang ingin disampaikan kepada pembaca terkait karya tulis ilmiah baik itu makalah, skripsi, thesis atau karya tulis lainnya. Namun kadang – kadang kita mengalami kesulitan dalam membuat kata pengantar yang baik. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami sengaja akan membagikan artikel yang berhubungan dengan bagaimana Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik itu. (baca juga : Cara Menulis Daftar Pustaka Yang Benar)

        Kata pengantar sifatnya umum, tidak membahas satu topik, melainkan membahas secara keseluruhan hal menarik apa yang akan dibahas dalam karya tulisnya. Ditulis secara singkat, jelas dan menarik, sehingga dari kata pengantar ini pembaca akan semakin ingin menyelami bab demi bab berikutnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik dibawah ini:

        Sebelum kami berikan langkahnya perlu diketahui bahwa pada dasarnya kata pengantar harus memenuhi beberapa bagian yaitu :

  1. Judul : Kata Pengantar
  2. Ucapan syukur kepada Tuhan atas terselesainya makalah,laporan,skripsi tersebut
  3. Judul dari makalah,laporan tersebut dicantumkan kedalam isi kata pengantar
  4. Tujuan penyusunan makalah,laporan,skripsi
  5. Ucapan terima kasih kepada fihak-fihak yang telah membantu terselesaikannya makalah tersebut.
  6. Alinea penutupan disertai permintaan masukan dari pembaca
  7. Tanda tangan penulis

Berikut ini beberapa langkah tersebut :

  1. Buat judul : KATA PENGANTAR, dengan huruf tebal dan capital letakkan pada posisi tengah-tengah.
  2. Maksimal 5 alinea saja, jangan terlau panjang dan juga jangan terlalu singkat
  3. Aline pertama diawali dengan kalimat pujian pada Tuhan, misalnya : Dengan memanjatkan puji Syukur kehadirat Tuhan YME……..
  4. Judul makalah diletakkan pada akhir alinea pertama.
  5. Tujuan penulisan makalah letakkan pada alinea kedua
  6. Dilanjutkan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu tersusunnya makalah tersebut, misalnya, dosen, guru, tokoh tertentu dan lain-lain tergantung tema makalahnya.
  7. Alinea terakhir penutup yang berisi anjuran untuk memberi masukan dan ucapan terima kasih. Usahakan yang simple saja.
  8. Tanda tangan penyusun, disertai tempat dan tanggal penyusunan makalah letakkan pada pada kanan bawah

CONTOH 1
KATA PENGANTAR

        Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah kesehatan tentang manfaat daun jambu sebagai obat tradisional dengan baik.

        Adapun makalah kesehatan tentang manfaat daun jambu sebagai obat tradisional ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami tidak lupa menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini.

        Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa banyak kekurangan baik dari segi penggunaan bahasa maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka kami menerima saran dan kritik dari  kepada kami sehingga kami dapat memperbaiki makalah kesehatan ini.

        Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari makalah kesehatan tentang manfaat daun jambu sebagai obat tradisional ini dapat diambil hikmah dan manfaatnya sehingga dapat memberikan inspirasi terhadap pembaca.

Bandung, Januari 2016

Penyusun,

CONTOH 2
KATA PENGANTAR

        Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat serta hidayah-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul :”Penerapan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kesehatan penduduk didesa Gempol Sewu“. Skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui bahwa dengan penerapan teknologi tepat guna akan meningkatkan kesehatan penduduk didesa dengan memanfaatkan tanaman dengan baik.

        Adapun skripsi ini, penulis susun untuk memenuhi salah satu pesyaratan guna memperoleh gelar Sarjana Farmasi di Stikes …….. Sidoarjo . Dalam menyusun Skripsi ini penulis mendapat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak yang telah bersedia meluangkan waktu, tenaga dan pikiran yang begitu berharga sampai terselesaikannya skripsi ini.

Melalui kesempatan ini perkenankanlah penulis menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada :

  1. Dr……….., selaku Direktor Stikes …….. Sidoarjo
  2. Dra……….., M.Si selaku Kaprodi Farmasi Stikes …….. Sidoarjo
  3. Drs……….., M.Pd selaku dosen pembimbing yang selalu mengarahkan kami sehingga skripsi ini dapat terselesaikan
  4. Segenap dosen Farmasi yang telah memberikan ilmunya sehingga mengantarkan penulis dalam menyelesaikan studi pada Farmasi
  5. Teman-teman guru yang memberi sumbangsih kepada penulis baiik material maupun spiritual.
  6. Rekan mahasiswa angkatan 2015 prodi Farmasi Stikes ……. Sidoarjo.

        Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini dapat memberikan manfat yang besar bagi pembaca dalam upaya untuk kemajuan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia secara keseluruhan baik sekarng maupun dimasa yang akan datang.

        Penulis menyadari bahwa hasil penelitian ini masih kurang dan belum sempurna. Untuk itu karena keterbatasan kemampuan yang penulis miliki, maka penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak untuk kesempurnaan skripsi ini.

Sidoarjo, 29 Mei 2017

Penyusun,

        Itulah postingan kami tentang Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga psotingan tentang Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik diatas dapat bermanfaat bagi kita. (baca juga : CARA MENGATASI FILE TERSEMBUNYI PADA LAPTOP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *