Cara Membuat Daftar Isi Sitemap WordPress

Cara Buat Daftar Isi

        Cara Membuat Daftar Isi Sitemap WordPress. Daftar isi atau content atau sitemap merupakan salah satu dari sekian banyak bagian yang sangat penting dari sebuah web atau blog. Daftar isi menjadi navigasi terbaik untuk melihat kumpulan tulisan di dalam sebuah web atau blog. Pentingnya daftar isi bahkan berpengaruh pada kegiatan kita dalam SEO situs kita, dimana nantinya robot search engine akan memeriksa konten-konten blog kita melalui daftar isi yang tersedia.

       Sebenarnya Daftar isi atau content web/blog tidak sama dengan sitemap web/blog. Daftar Isi web atau Blog ibarat daftar isi yang ada pada sebuah buku yang berfungsi untuk mempermudah para pembaca dalam menjelajah isi web/blog kita.  Daftar isi web/blog kita biasanya kita tujukan pada pembaca dan pengunjung web/blog kita, sedangkan sitemap blog biasanya ditujukan pada mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, bing dan lainnya dalam mempermudah penelusuran dan mengindeks tulisan web/blog kita.

         Oleh karena itulah dalam tulisan ini kami ingin berbagi bagaimana cara membuat daftar isi web atau blog di wordpress.

      Cara membuatnya sangat sederhana, sehingga kami tidak perlu melengkapi tulisan ini dengan gambar panduan. Cukup ikuti dengan baik dan lakukan dengan benar cara-cara di bawah ini.

      Sebenarnya ada beberapa cara pembuatan daftar isi atau content atau sitemap, namun disini kami hanya akan menshare cara membuat daftar isi atau content berdasarkan kategori karena di web kami juga menggunakan daftar isi berdasarkan kategori.

     Dibawah ini adalah Cara Membuat Daftar Isi atau content Berdasarkan Kategori

  1. Install Plugin PS Auto Sitemap dengan download langsung dialamat ini https://wordpress.org/plugins/ps-auto-sitemap/ lalu upload dibagian “Plugins – upload“ kemudian install. Atau coba cari plugin PS Auto Sitemap dengan cara login wordpress admin lalu masuk dashboard melalui menu Plugins – Add New – ketik “PS Auto Sitemap” pada kolom “search” – klik “enter” –  klik “Install Now”.
  2. Setelah selesai instalasi, langsung aktifkan plugin PS Auto Sitemap dengan klik “activate plugin” di halaman setelah instalasi, atau di bagian “Plugins – Installed – PS Auto Sitemap“.
  3. Klik plugin PS Auto Sitemap yang sudah active di bagian “Settings – PS Auto Sitemap“
  4. Lakukan konfigurasi plugin sesuai keinginan lalu klik “Update Option“.
  5. Buat halaman baru dengan nama “Daftar Isi” atau “content” atau nama lain sesuka kita.
  6. Copy-Paste kode berikut di bagian isi halaman dan yakinkan mode penulisan adalah Text (HTML) bukan Visual.                                                                                                             <!– SITEMAP CONTENT REPLACE POINT –>
  7. Publish halaman “daftar isi” tersebut atau preview.
  8. Kemudian lihat URL pada page/halaman tetap pada dashboard
  9. Misalnya alamat URL page di dashboard kami http://www.nurdiono.com/wp-admin/post.php?post=28&action=edit.                                                                 Angka 28 adalah PostID of the sitemap kami.
  10. Lalu masukkan angka yang tertera di URL page anda ke PostID of the sitemap Anda.  
  11. Kemudian klik “Save Changes”
  12. Selesai.

Kini anda lihat hasilnya di halaman web wordpress anda.

Lihat demonya disini.

Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Cara Membuat Daftar Isi Sitemap WordPress”

  1. Artikel cara membuat daftar isi Sitemap nya sekalipun nggak pake panduan gambar tp ternyata malah mudah diikuti dan dipraktekan. Satu x dipraktekan langsung berhasil. Terimakasih Mas Nurdiono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *