Cara Melupakan Mantan Pacar

Cara Melupakan Mantan Pacar

        Cara Melupakan Mantan Pacar. Kemarin ketika kami akan menuju ke kelas dalam rangka melakukan kegiatan pembelajaran, kami didatangi oleh tiga peserta didik kami di ruang guru. Salah satu dari mereka dengan agak terisak – isak menyampaikan pada kami bahwa mereka ingin curhat pada kami tentang masalah mereka. Atas keinginan peserta didik tersebut, kami meminta mereka agar menemui kami di musholla sekolah sekitar dua jam kemudian.

       Sekitar jam 10.30 pagi, kami ke musholla dan tidak berapa lama kemudian ketiga peserta didik kami dating ke musholla menemui kami. Disana mereka mulai menyampaikan masalah salah seorang dari mereka.

        Dia (salah satu dari tiga peserta didik yang bermasalah) menyampaikan bahwa dia telah putus dengan pacarnya beberapa minggu yang lalu, namun sampai saat ini dia tidak dapat melupakan mantan pacarnya tersebut. Dia ingin sekali melupakan mantan pacarnya itu, sehingga dia meminta tolong kepada kami untuk memberikan solusi bagaimana caranya agar dia dapat segera melupakan mantan pacarnya tersebut.

    Dari penjelasan peserta didik tersebut kami menekankan kepada mereka bahwa sebenarnya Istilah pacaran yang sering dilakukan oleh anak-anak muda sekarang ini tidak ada dalam Islam. Yang ada dalam Islam ada yang disebut “Khitbah” atau masa tunangan. Masa tunangan ini adalah masa perkenalan, yang membolehkan seorang lelaki hanya memandang muka dan telapak tangan perempuan, tidak lebih. Artinya tidak melebihi dari muka dan telapak tangan, tidak melebihi saat khitbah, di tempat yang aman, maksudnya ada orang ketiga yang menemani.

        Setelah kami tekankan hal tersebut, lalu kami berikan solusi untuk melupakan mantan pacarnya. Adapun solusi atau caranya adalah sebagai berikut:

  1. Mohon kekuatan kepada Allah

       Mohonlah kekuatan kepada Allah swt dalam dalam menghadapi peristiwa perpisahan itu. Mohonlah kekuatan untuk menjalani kehidupan mendatang. Mohonlah kepada Allah agar mendapatkan hikmah di dibalik perpisahan itu.

        “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu me-nyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” [QS Al-Baqarah :216].”

  1. Yang Lalu Biarlah Berlalu

        Pertama kamu harus sadar bahwa apa yang kamu alami adalah hal yang normal. Sulit melupakan orang yang disayangi adalah hal yang biasa dialami oleh siapapun. Jangan takut mengakui perasaanmu, karena apa yang kamu rasakan bukan hal yang aneh. Bukan hal yang salah atau tabu. Apalagi kalau kamu sudah pacaran cukup lama.

       Jadi kuncinya adalah bukan untuk melupakan bahwa dia pernah ada dalam hidupmu, tapi untuk menerima bahwa dia telah menjadi masa lalumu, dan sekarang kamu harus terus berjalan untuk melalui saat ini, dan terus melaju masa depan, dengan atau tanpa dia. For better or for worse, si mantan pernah menjadi bagian dari hidupmu. Kenangan baik atau buruk, jadikan itu suatu pelajaran yang berarti.

        Jangan biarkan diri kamu menderita kerana kenangan lalu. Buktikan bahwa kamu mampu hidup lebih baik tanpanya. Terimalah kenyataan dan percayalah luka itu akan pulih seiring waktu.

  1. Hadapi kenyataan dengan ikhlas

       Perkara paling penting ialah kamu perlu menerima kenyataan secara ikhlas. Terimalah kenyataan bahwa perpisahan sudah terjadi dan masing-masing sudah mempunyai haluan sendiri.

       Selalu percaya dan yakin pada pilihan terbaik yang dipilihkan Allah untuk kamu. Jika memang jalan perpisahan dengan kekasih kamu adalah jalan yang terbaik yang telah ditunjukkan dan dipilihkan Allah, maka terimalah dengan ikhlas, dan yakin semua pasti akan indah suatu saat nanti.

      Sentiasa ingatkan diri bahawa dia bukanlah yang terbaik untuk kamu dan yakinlah kamu akan menemui insan yang lebih baik yang diberikan Allah.

  1. Buang segala perkara yang berhubungan tentang dia

        Perkara ini memang sulit untuk dilakukan tetapi inilah cara terbaik untuk melupakan seseorang yang kamu sayang.

      Buanglah segala perkara tentang dia. Buang nomor telefonnya, block Facebook dan media apapun yang dapat menghubungkan kamu dengannya. Kuatkan diri kamu supaya tidak menghubunginya. Usahakan tidak pergi ke tempat yang mengingat tentang dia. Jangan dengar lagu yang berkaitan dengan si dia. Kalau terdengar,cepat-cepatlah tutup lagu tu.

  1. Carilah kesibukan

       Melupakan adalah hal yang sulit, tapi meminimalisir ingatan terhadap mantan pacar dapat dilakukan dengan berbagai aktifitas. Cobalah untuk bisa mencari kesibukan baru untuk diri sendiri. Misal, menjalani hobi, refreshing, dll. Carilah kesibukan baru untuk kamu agar kamu tidak terus terbayang dan terpuruk pada hal yang itu-itu saja.

  1. Berkumpul Dengan Sahabat

        Berkumpulah bersama teman-temanmu, mereka akan dengan senang hati secara tidak langsung membantu kalian melupakan dirinya. dan kalian akan sadar bahwa dibumi ini bukan hanya dia seorang yang berarti dalam hidup kalian, tetapi mereka juga begitu berarti mengisi hari-hari kalian. Jangan sering menyendiri karena akan berakibat mudah mengingat kembali kenangan bersama mantan pacar.

  1. Ceritakan masalah kepada orang yang dipercayai

       Ceritakanlah masalah kamu ini kepada orang yang kamu percayai. Misalnya orang tua, atau guru kamu. Mintalah nasihat kepadanya dan supaya membantu kamu keluar dari masalah ini.

  1. Hapus Semua Kontak, Jangan Hubungi Dia

        Agar kamu benar-benar terbebas dari mantan pacar, hapus semua kontaknya, termasuk di media social, facebook, Whatsapp, telefon dan lain – lain. Jangan hubungi dia, walaupun berdalih hanya untuk sekedar bilang kangen atau Tanya kabar.

  1. Berdo’alah

        Yang terpenting untuk melupakan mantan pacar adalah dengan cara berdo’a. dengan berdo’a maka Insya Allah kita akan diberikan pertolongan termasuk kemudahan untuk melupakan mantan pacar. Adapun amalan do’a yang kita gunakan untuk melupakan mantan pacar, Insya Allah akan kami share pada postingan kami yang berjudul “Do’a untuk Melupakan Mantan Pacar“.

     Akhirnya perlu kami tekankan lagi bahwa pacaran seperti yang umum terjadi pemuda – pemudi zaman sekarang itu tidak ada dalam Islam. Marilah kita tidak henti – hentinya berdo’a dan marilah kita tegakkan aqidah kita agar kita senantiasa mendapat bimbingan dari Allah, SWT.

       Itulah beberapa tips yang kami bagikan pada peserta didik kami yang punya masalah tentang kesulitan melupakan mantan pacarnya. Semoga tips ini juga dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *