Cara edit Foto tanpa dipotong atau crop

Edit Foto  dg GIMP

      Cara edit Foto tanpa dipotong atau crop. Kadang- kadang kita membutuhkan foto berukuran bujur sangkar atau rasio 1:1, terutama ketika kita akan meng-upload foto kita ke Instagram maka foto yang kita upload harus berbentuk bujursangkar. Sedangkan foto yang dihasilkan dari pemotretan di media apapun biasanya berbentuk persegi panjang atau 3:4 maupun 16:9, misalnya pemotretan melalui kamera, hp atau media lainnya.

      Sehingga mau tidak mau kita harus melakukan crop atau memotong sebagian dari foto yang kita punya tersebut agar memiliki bentuk bujur sangkar. Tentu saja proses cropping atau pemotongan foto kita itu akan menghilangkan beberapa objek yang ada di dalam foto tersebut. Sayang kan jika bagian yang indah harus dipotong?

      Nah pada postingan kali ini kami akan sharing salah satu trik agar kita bisa melakukan upload foto kita pada Instagram tanpa di crop. Hal ini dapat kita lakukan dengan mengedit foto tersebut agar menjadi kotak dengan bantuan aplikasi. Aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melakukan pengeditan itu adalah GIMP (GNU Image Manipulation Program). Aplikasi GIMP ini merupakan salah satu aplikasi “no crop” yang baik menurut kami dengan user interface yang mudah serta dukungan beberapa fitur sederhana namun menarik. Pada posting ini kami juga sekaligus akan membahas tentang cara menggunakan aplikasi ini.

Inilah langkah-langkah yang dapat anda ikuti :

  1. Jalankan aplikasi GIMP, jika belum punya aplikasinya silahkan Download aplikasi GIMP disini. Lalu install aplikasinya di directory C.
  2. Bukalah program GIMP yang telah anda instal pada komputer. Lalu bukalah foto yang akan diedit dengan menggunakan GIMP. Caranya pilih dan klik menu File lalu pilih Open dan klik Open. Kemudian carilah foto yang akan diedit.

    Edit Foto
    GIMP 1
  3. Kemudian pilih dan klik menu “Image” dan setelah itu pilih lagi dan klik “Scale Image”.

    Edit Foto
    GIMP 2
  4. Setelah memilih Scale Image, akan keluar screenshot sepeti dibawah ini
  5. Pada screenshot sebelumnya pada foto fairy terlihat bahwa ukuran asli foto adalah lebar 631 pixels dan tinggi 500 pixels. Nah, ukuran image inilah yang akan diubah. Jika kita mengubah ukuran foto dengan langsung mengetikkan 650 di kolom Width, maka pada kolom Height secara otomatis akan mengeluarkan angka 743. Agar kolom Width dan Height dapat diketik dengan angka yang diinginkan, ada langkah tambahan. Sekarang perhatikan gambar rantai terkunci di sebelah kanan kolom 631 dan 500 atau di sebelah kiri tombol px(pixels).
    Edit Foto
    GIMP 3

    Klik gambar rantai tersebut. Nantinya gambar rantai yang semula terkunci itu akan terbuka.

    Edit Foto
    ( Lingkaran merah adalah gambar rantai yang telah dibuka )

    Setelah itu barulah kita mengganti lebar dan tinggi foto. Untuk foto pada instagram harus berukuran bujur sangkar/square. Berarti ukuran lebar dan tinggi foto harus sama. Ketika kita mengetik angka di kolom Widthdan Height, angkanya harus sama. Jika ingin mengikuti ketentuan pada program gramblr, pilihlah ukuran lebar dan tinggi foto adalah 650 x 650 pixels Kemudian klik tombol Scale.

  6. Sebagai tambahan, kita tidak harus selalu memilih 650 pixels sebagai ukuran lebar dan tinggi foto seperti ketentuan yang terdapat pada program gramblr. Jika ukuran foto lebih kecil dari 650 pixels, maka kita mengikuti ukuran asli foto tersebut yang terkecil. Misalnya ukuran foto asli 400 x 235 pixels. Agar foto dapat berbentuk persegi tetapi gambar tidak pecah, ganti ukuran foto mengikuti ukuran yang terkecil. Ukuran foto yang dapat dipilih adalah 235 x 235 pixels.
  7. Selanjutnya adalah langkah menyimpan (save) foto. Pada menu pilih menu File kemudian pilih Export As.
  8. Kemudian pada screenshot Export Image, ganti nama file foto sesuai dengan nama yang diinginkan pada kolom Name. Pilih folder yang diinginkan sebagai tempat penyimpanan file foto pada kolom Save in folder. Setelah itu klik tombol Export.
  9. Setelah itu akan keluar screenshot Export Image as JPEG. Terlihat pada screenshot ini quality foto 90 % tetapi tidak diketahui ukuran file fotonya ( File Size : unknown )
  10. Untuk mengetahui informasi yang sangat penting yaitu ukuran foto, centang pilihan Show preview in image windows dengan cara mengklik kotak di depan tulisan tersebut. Nanti akan terlihat ukuran file dari kualitas foto 90 %.
  11. Dari screenshot yang telah anda centang, terlihat bahwa ukuran file untuk kualitas file 90 % adalah 128,5 KB. Setelah itu barulah kita mengubah-ubah ukuran file dengan cara menggeser-geser kotak di garis quality. Perlu diingat bahwa program gramblr hanya menerima foto dengan ukuran lebih kurang dari 500 KB. Kalau saya lebih memilih ukuran file di kisaran angka 100 – 110 KB, karena ukurannya kecil tapi kualitas foto bagus. Kemudian jangan lupa untuk mengklik tombol Export.
  12. Selsai dan sukses

      Sekarang cobalah lihat foto yang telah diedit tadi pada folder tempat penyimpanan foto tersebut. Ukuran dan dimensi foto telah berubah dari foto aslinya. Untuk foto fairy ini, foto yang aslinya berukuran 852 KB dan berdimensi 631 x 500 pixels telah berubah menjadi foto yang berukuran 102 KB dan berdimensi 650 x 650 pixels.

      Selamat mencoba untuk mengedit foto-foto anda dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan selamat berkreasi.

2 thoughts on “Cara edit Foto tanpa dipotong atau crop”

  1. Artikel nya sagat menarik utuk di baca apalagi khusus nya saya .
    saya sangat suka selvy dan kbetulan ada informasi ini sangat menarik untuk dibaca serta dipelajari dan menjadi salah satu informasi yang wajib diikuti dan langsung dipelajari. caraanya sangat mudah untuk difahami dan saya suka itu apalagi kapasitas memory tidak terlalu memakan sebagian memory sangat mudah , bagi saya yang suka foto dan mengedit foto seperti itu .

  2. artikel yang sangat menarik untuk dibaca.saya sangat suka dengan memotret,jadi bagus untuk mengedit foto,juga ukurannya bisa diedit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *