Belajar dari Perjuangan Hidup Kupu-Kupu

Belajar dari Perjuangan Hidup Kupu-Kupu

Belajar dari Perjuangan Hidup Kupu-Kupu

      Adakah diantara para pembaca tercinta yang tidak suka melihat kupu-kupu? Hampir dapat dipastikan jawabannya “tidak ada”. Karena kupu-kupu merupakan salah satu binatang yang sangat elok rupawan dan memukau banyak mata. Namun tahukah anda bahwa kupu-kupu awalnya hanya seekor ulat yang menjijikkan? Ya, kita sangat jijik bahkan takut memegang kupu-kupu. Tapi setelah ia berubah rupa menjadi kupu-kupu yang cantik, siapapun akan suka melihatnya? (baca juga : Pesona Masjid Namira Lamongan)

      Proses hidup kupu-kupu sebelum ia menjadi elok dan cantik, ia jalani dengan melewati berbagai tahap kehidupan. Dari ia yang hanya seekor ulat yang buruk rupa, hidupnya merayap di dahan dan dedaunan, dan kalau tidak beruntung hidupnya berakhir di makan burung atau serangga pemangsanya, bahkan dimatikan orang.

      Setelah beberapa lama menjalani kehidupan sebagai ulat, ia pun mencari tempat yang aman dan berubah menjadi kepompong. Berdiam diri, badanya terbujur kaku menggantung di dahan dan dedaunan. Ia tak peduli walau siang hari panas terik menyengatnya, dan malam hari dingin menusuknya. Bahkan tak jarang hujan dan badai menerpanya. Ia tetap kokoh di tempatnya bersemedi untuk berubah menjadi diri yang baru, diri yang penuh pesona keindahan.

      Selang beberapa waktu kemudian, akhirnya atas “PUASA”nya, keluarlah ia dari kepompongnya menjadi diri yang sama sekali baru, indah memukau dengan sayap barunya dan tubuh yang cantik, jauh berbeda dari wujut semula. Dan kini ia telah mencari kuntum-kuntum bunga yang indah untuk menghisap sari bunga dan menebarkan telur-telur penerus kehidupannya.

      Begitulah metamorfosis sang kupu-kupu: dari telur ia menetas menjadi ulat, dari ulat ia menempa diri dalam kepompong, dan dari kepompong lalu lahirlah kupu-kupu yang indah menawan. Tahap kehidupannya ia jalani dari generasi ke generasi, tanpa ada satu tahap pun yang dapat ia lompati. Tak ada seekor kupu-kupu manapun yang langsung terlihat cantik, malainkan keluar dari kepompongnya.

      Demikianlah makna kehidupan yang mana dapat kita Belajar dari Perjuangan Hidup Kupu-Kupu. Tidak akan bermakna sebuah kehidupan tanpa adanya perubahan. Perubahan dari sebuah keburukan menjadi kebaikan dan keindahan, perubahan dari sebuah ketidaktahuan menjadi kepahaman. Alangkah indah kehidupan ini jika selalu bersungguh-sungguh dalam memaknai segala yang telah diberikan dan diputuskan oleh-Nya.

      Perubahan yang indah dan sempurna sebagai makhluk ciptaan-Nya. Perubahan yang mampu membuatnya menjadi lebih baik, perubahan yang sanggup membuatnya lebih menghargai dan memahami makna sebuah kehidupan.

      Perubahan itu dilakukannya tidak dalam sekejap mata. Dengan kesabaran hati yang mengiringi hidupnya, Serta keridhaan-Nya yang selalu menyertai di setiap langkah. Kupu-kupu kehidupan, menghidupi semangat kehidupan.

      Itulah postingan kami tentang Belajar dari Perjuangan Hidup Kupu-Kupu yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga kita dapat Belajar dari Perjuangan Hidup Kupu-Kupu dalam proses kehidupan kita sehingga kita menjadi lebih baik, lebih bermanfaat, dan lebih menyejukkan pandangan setiap orang yang melihat kita. (baca juga artikel lain pada : Siklus Kehidupan Kupu-Kupu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *