Angka 13 Bukan Pembawa Sial

Angka 13 Bukan Pembawa Sial

Angka 13 Bukan Pembawa Sial

        Kita sering mendengar atau melihat banyak orang bilang angka bahwa angka 13 adalah angka sial. Bahkan mereka akan berusaha untuk tidak mendapatkan nomor 13 dalam hal apapun. Ketika mengambil antrian dan mendapatkan nomor 13, maka akan dibuang atatu ditinggalkan nomor tersebut, karena beranggapan nomor 13 akan sial, padahal sebenarnya Angka 13 Bukan Pembawa Sial.

        Di dunia barat angka 13 adalah angka yang paling di hindari. Sebagai contoh gedung pencakar langit, disana tidak pernah terdapat lantai 13. Coba juga lihat juga beberapa film ini, ‘13th Floor‘, ‘Friday the 13th‘, hingga di Indonesia juga pernah hadir film horor ‘Lantai 13‘ dan ‘Bangsal 13‘. Semua berkonotasi menyeramkan, menakutkan. Itu semua menggambarkan ketakutan dan kesialan, padahal sekali lagi Angka 13 Bukan Pembawa Sial.

        Justru  dibawah ini adalah misteri positif tentang angka 13 bukan pembawa sial. Misteri yang kami maksud adalah misteri angka 13 dalam Islam. Angka 13 Bukan Pembawa Sial karena angka ini merupakanj umlah dalam rukun shalat yang istiqomah kita lakukan minimal lima kali dalam sehari.

Inilah misteri Angka 13 Bukan Pembawa Sial

        Angka 13 berkenaan dengan rukun shalat. Rukun Shalat itu sendiri ialah setiap perkataan maupun tindakan yg akan membentuk sebuah hakikat shalat, apabila salah satu dari rukun ini sampai tidak ada, maka shalat yang dikerjakan itu akan tidak dianggap secara syar’i. Dan Shalat adalah wajib bagi orang yang mengku Islam.

”Hai orang-orang yang beriman, ruku’lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.”  (QS. Al-Hajj : 77)

”Islam ialah bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah dan Muhammad utusan Allah, mengerjakan shalat lima waktu, memberikan zakat, melakukan puasa pada bulan Ramadhan, dan menjalankan ibadat haji jika mampu.” (H. R. Muslim dari Umar bin Khaththab) 

Berikut ini ke 13 urutan dalam sholat.

  1. Niat di dalam hati.
  2. Berdiri bagi yang mampu (untuk shalat wajib).
  3. Takbiratul ihram (ucapan ‘Allahu Akbar’ di awal shalat).
  4. Membaca Al Fatihah.
  5. Ruku’ dan thuma’ninah (tidak tergesa-gesa).
  6. I’tidal dan thuma’ninah.
  7. Sujud dua kali dalam satu raka’at, disertai thuma’ninah.
  8. Duduk di antara dua sujud, disertai thuma’ninah.
  9. Duduk tahiyat akhir.
  10. Membaca bacaan tasyahud di tahiyat akhir.
  11. Membaca bacaan shalawat setelah bacaan tasyahud akhir.
  12. Salam pertama, minimalnya “Assalamu ‘alaikum”, lengkapnya “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah”.
  13. Tertib (Berurutan dalam mengerjakan rukun yang tadi disebutkan).

        Setelah kita merenungkan bahwa Angka 13 Bukan Pembawa Sial, maka marilah kita bersama untuk tidak terpengaruh tentang image yang mengatakan bahwa angka 13 adalah angka yang menyeramkan, yang membawa sial karena yaqinlah bahwa Angka 13 Bukan Pembawa Sial. dan seyogyanya kita mengambil hikmah dan selalu berpikir positif, karena tidak ada kata sial dalam islam.

        Semoga artikel tentang Angka 13 Bukan Pembawa Sial diatas bermanfaat bagi kita. Aamiin,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *