Air Nabeez Minuman Kesehatan Rasulullah

Air Nabeez

    Air Nabeez Minuman Kesehatan Rasulullah. Alhamdulillah, shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam, keluarga, sahabat dan seluruh orang muslim yang senantiasa mengagungkan sunnahnya hingga akhir masa.

       Pada postingan kali ini kami ingin berbagi tentang air Nabeez yang merupakan air rendaman kurma atau kismis. Air Nabeez merupakan minuman salah satu minuman kegemaran Rasulullah SAW. Sebagaimana dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

      Aisyah pernah ditanya tentang nabeez, kemudian ia memanggil seorang wanita pelayan asal Habasyah. “Bertanyalah kepada wanita ini!” Kata Aisyah. “Karena ia dahulu pernah membuat nabeez untuk Rasulullah SAW,” tambahnya. Lalu wanita asal Habasyah itu berkata, “Aku pernah membuat nabeez untuk beliau dalam sebuah kantung kulit pada malam hari. Kemudian aku mengikatnya dan menggantungnya. Lalu di pagi harinya beliau SAW meminumnya.”Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah SAW di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya dipagi hari.” (HR Muslim).

      Buah kurma bermanfaat untuk tubuh, terutama berguna untuk:

  1. Memberikan dan memulihkan tenaga (karena itu makakita disunahkan untuk memakan buah kurma ketika kita berbuka puasa).
  2. Mempunyai kandungan fiber yang tinggi yang bermanfaat untuk menghilangkan kolestrol jahat yang terkumpul di dalam tubuh. Sangat bagus dalam menghilangkan sembelit (atau meredakan & memulihkan diri dari sembelit).
  3. Memberikan zat besi yang sangat bagus.
  4. Kaya akan pottassium yang penting untuk menjaga jantung & menstabilkan tekanan darah.

Sedangkan manfaat rendaman kurma atau kismis (air nabeez) adalah:

  1. Dapat membantu dalam proses pembuangan kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh karena air nabeez adalah minuman yang mengandung akali.
  2. Juga dapat membantu menyingkirkan zat toksin berbahaya dari dalam tubuh.
  3. Dapat membantu proses pencernaan karena air nabeez mengandung kadar fiber yang tinggi.

Cara pembuatan air nabeez:

  1. Rendamlah beberapa butir kurma (sebaiknya dalam jumlah ganjil) ke dalam air matang di dalam segelas air. Sedangkan jika menggunakan kismis rendam segenggam atau 100 gram kismis.
  2. Waktu membuat rendaman air nabeez adalah waktu sore menjelang malam jika untuk diminum pagi hari, atau mulai merendam waktu pagi hari jika akan diminum sore hari, kami sendiri melakukannya di sore hari karena kami biasa minum di pagi hari. Pastikan gelas atau tempat lainnya untuk merendam kurma tersebut dalam keadaan tertutup rapat.
  3. Setelah 8 s/d 12 jam perendaman, air rendaman baru boleh diminum & buah kurma hasil rendaman yang telah lembut itu dapat dimakan begitu saja.

     Sebenarnya Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez ialah kurma ajwa. Tapi jika tidak ada kurma ajwa, bisa menggunakan jenis kurma yang lainnya.

      Yang perlu diperhatikan adalah jangan mencampur kurma dan kismis secara bersamaan dalam satu gelas atau satu tempat lainnya ketika membuat air nabeez. Dua jenis itu harus dibuat sendiri-sendiri.

      Dan kami ingatkan juga agar anda tidak minum air rendaman kurma atau kismis yang sudah memasuki 3 (tiga) hari atau lebih, karena air nabeez  sudah terjadi proses fermentasi, yang menjadikan air rendaman kismis atau kurmatersebut menjadi arak, dan hukumnya haram untuk diminum.

      Begitulah manfaat dan proses pembuatan air nabeez dan Alhamdulillah Kami sudah mengkonsumsi minuman ini. Bagaimana dengan Anda wahai saudara saudariku? Apakah Anda juga ingin mencobanya?

       Semoga postingan ini bermanfaat.

2 thoughts on “Air Nabeez Minuman Kesehatan Rasulullah”

  1. Sungguh baik buat kesehatan sekali buah kurma ini terutama air nabezz yaitu air rendaman buah kurma dan kismis yang dahulu sudah menjadi minuman kesehatan bagi Rosulluwoh Yang sangat baik bagi tubuh kita tetapi apabila air rendaman nabezz di diamkan selama 3 hari itu tidak boleh diminum karena sudah menjadi arak dan itu hukumnya haram bagi at islam.sungguh luar biasah maanfaat buah kurma ini bagi kesehatan

  2. Artikel diatas sangat bagus buat kita karena kita bisa mengetahui manfaat buah nabeez atau biasanx disebut buah kurma manfaat buah nabeez yaitu untuk memulihkan tenaga kita dan membantu proses pencernaan bagi tubuh kita. Proses pembuatanya sangat mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *