Adap Makan Sesuai Tuntunan Rasulullah

Tata Cara Makan Sesuai Sunnah Rasul

       Adap Makan Sesuai Tuntunan Rasulullah. Islam merupakan agama rahmat bagi semesta alam. Islam adalah petunjuk yang menjelaskan segala bentuk kemaslahatan (kebaikan) bagi manusia, mulai dari masalah yang paling kecil dan ringan hingga masalah yang paling besar dan berat. Islam juga memberikan petunjuk bagi umat agar tidak melakukan hal-hal yang buruk atau jelek mulai dari hal buruk yang sangat ringan sampai hal buruk yang sangat berat.

     Demikianlah kesempurnaan Islam yang hujjahnya sangat jelas dan terang, malamnya bagaikan siang. Sehingga tidak ada satupun permasalahan yang tersisa melainkan telah dijelaskan didalamnya. Termasuk dari keindahan dan kesempurnaan agama Islam adalah adanya aturan-aturan dan adab atau cara-cara ketika kita makan dan minum.

       Namun terkadang kita melihat Seorang muslim atau muslimah (maaf yang kami singgung disini adalah saudara kita yang seiman) makan sambil berjalan, makan dengan tangan kiri, tanpa berdoa, bahkan menyisakan makanan, hal ini seakan sudah menjadi pemandangan umum di kantin-kantin sekolah atau kampus, pada waktu ada jamuan makan ketika undangan, dan lain lain. Betapa miris hati ini melihatnya.

       Bila amal ibadah yang ringan saja sudah diabaikan atau bahkan ditinggalkan dan disepelekan, bagaimana dengan amalan yang besar nilai pahalanya?? Atau mungkinkah karena hal itu hanya merupakan suatu amal ibadah yang kecil kemudian kita menyepelekannya atau meninggalkannya dengan alasan kecilnya pahala yang akan kita peroleh? Tidak seharusnya begitu Saudara saudariku … Dari hal-hal yang sedikit atau kecil itulah apabila rutin dilakukan, maka akan menjadi banyak, dan akan menjadi terbiasa juga untuk melaksanakan ibadah yang besar.

       Untuk itulah berikut ini akan kami share adap makan sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

  1.   Memakan makanan dan minuman yang halal

       Kita hendaknya memilih makanan yang halal dan jangan sekali-kali memakan dari suatu makanan yang dilarang atau haram karena Allah Ta’ala telah memerintahkan kepada kita agar memakan makanan yang halal lagi baik.

Allah Ta’ala telah berfirman,

 “Hai para rasul, makanlah yang baik-baik, dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mu`minun: 51)

2.   Mencuci tangan sebelum makan

Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan, bahwa Rasulullah bila hendak tidur dalam keadaan junub maka beliau berwudhu terlebih dahulu, dan apabila beliau hendak makan maka beliau mencuci kedua tangannya terlebih dahulu.” (HR Nasa’i, Ahmad, dan lain-lain)

      Mencuci tangan sebelum makan berguna untuk menjaga kesehatan dan menjauhkan diri dari berbagai kuman yang menimbulkan penyakit. Dengan tangan yang bersih dapat mencegah penyakit dan bahan berbahaya baik berupa kuman atau virus dan lainnya agar tidak masuk tubuh yang dapat menimbulkan sakit. Membiasakan diri untuk selalu hidup bersih dan sehat guna keuntungan diri sendiri dan orang lain.

3.   Membaca Basmallah ketika mulai makan

Bacalah basmallah ketika anda akan memulai makan.

Dari ‘Umar bin Abi Salamah, ia berkata, “Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Wahai Ghulam, bacalah “bismilillah”, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

4.   Membaca Bismillahi Awwalahu wa akhirahu jika lupa baca Basmallah

       Bacalah Bismillah Awwalahu wa aakhirahu jika ketika kita makan lupa baca Basmallah

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaah awwalahu wa aakhirahu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.” (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi)

5.   Makan dengan menggunakan tangan kanan.

       Ketika kita Makan maka lakukanlah makan dengan menggunakan tangan kanan

Dari Abdullah bin ‘Umar radhiallahu anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim)

6.   Membaca Hamdalah setelah makan.

       Apabila kita selesai makan maka bacalah Hamdalah setelah selesai makan

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

Sesungguhnya Allah Ta’ala sangat suka kepada hamba-Nya yg mengucapkan tahmid (Alhamdulillah) sesudah makan & minum. Dan telah menceritakannya kepadaku Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Yusuf Al Azraq telah menceritakan kepada kami Zakariya dgn sanad ini. (HR. Muslim)

7.   Cuci tangan setelah selesai makan

       Setelah selesai makan maka hendaklah kita mencuci tangan kita agar tangan kita bersih.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang tidur dalam keadaan tangannya masih bau daging kambing dan belum dicuci, lalu terjadi sesuatu, maka janganlah dia menyalahkan kecuali dirinya sendiri.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan lain-lain, hadits ini dishahihkan oleh al-Albani)

Dalam hadits lain, Abu Hurairah menyatakan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah makan belikat kambing. Sesudah selesai makan beliau berkumur-kumur, mencuci dua tangannya baru melaksanakan shalat. (HR. Ahmad, dan Ibn Majah)

     Demikianlah beberapa hadits yang berhubungan dengan adab makan. Masih sangat banyak hadits-hadits lain yang berhubungan dengan tata cara makan sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Adap Makan Sesuai Tuntunan Rasulullah”

  1. saya terkesima tentang artikel adab makan sesuai tuntutan rosululloh saw.kerena kita mendapatkan pengetahuan yang baru tentang adab makan sesuai rosululloh.dan di dalam artikel tersebut ada tata cara mengajarkan bagaimana makan dan minum yang baik sesuai tuntutan rosululloh.

  2. saya sangat kagum dngan artikl yang anda buat ini ,
    apa lagi dengan hadits – hadits yang anda tunjukan di dalam artikel yang anda buat itu ,
    sesungguhnya Allah SWT menyukai orang yang suka mengingatkan orang lain ,dengan anda membuat artikel ini ,anda sudah menginggatkan orang lain akan pentingnya adap makan sesuai cara Rasulullah SAW,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *